Bangun Jalan dan Ciptakan Kampung Wisata

6
MULUS. Infrastruktur jalan di Desa Purwasari Kecamatan Cisayong mulus setelah dilakukan perbaikan menggunakan dana desa tahun ini Senin (17/9).

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

CISAYONG – Pemerintah Desa Purwasari Kecamatan Cisayong memprioritaskan alokasi anggaran dana desa (DD) tahun ini kepada pembangunan infrastruktur jalan, permodalan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Bale Sawala dan penataan kampung wisata.

Kepala Desa Purwasari Supendi Supriadi mengatakan selain fokus pada pembangunan infrastruktur, pihaknya juga menghadirkan kampung wisata. Mengingat lokasi di sini pemandangannya bagus dan memanjakan mata. “Nantinya kampung wisata akan ada Bale Sawala yang dijadikan penginapan untuk bisa menikmati pemandangan alam,” ujarnya kepada Radar, Senin (17/9).

Guna menuju kampung wisata, di Kampung Tanjungjaya sudah dilakukan pembangunan embung air. Ke depan akan dikembangkan supaya bisa menjadi sarana wisata kolam renang yang bisa dimanfaatkan masyarakat.

Kemudian di Cicadas Kadusunan Awi Kondang ada pembangunan Jalan Darmaga yang kiri kanannya terdapat pesawahan dengan pemandangan indah. Termasuk di Kampung Negla merupakan dataran tinggi yang bisa melihat permukiman warga di bawah. “Dengan banyaknya potensi wisata alam, diharapkan menjadi destinasi baru untuk menunjang pendapatan asli desa,” harapnya.

Selain itu, pihaknya juga akan mencoba mengalokasikan anggaran dana desa untuk pengadaan wahana permainan di kampung wisata. Sehingga menjadi daya tarik masyarakat untuk berkunjung.

Nantinya, kata dia, objek wisata ini akan dikelola oleh BUMDes. Dengan harapan hadirnya kampung wisata ini mampu menyerap lapangan pekerjaan dan berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat. “Nanti para muda mudi akan diberdayakan dalam pengelolaan kampung wisata,” ungkapnya.

Saat ini, pihaknya fokus menyelesaikan perbaikan jalan-jalan desa supaya lebih representatif. Karena keberadannya penting. Mengingat jalan ini menjadi kebutuhan dalam menjalankan aktivitasnya ekonomi. “Ditargetkan delapan bulan ke depan infrastruktur jalan bisa selesai seluruhnya. Sehingga untuk selanjutnya bisa mengalokasikan untuk permodalan BUMDes yang lebih besar,” terangnya. (obi)

loading...