Bangun Jalan Secara Swadaya

245
0
GOTONG-ROYONG. Warga Citamiang, Cintaratu, Lakbok, Kabupaten Ciamis membangun jalan desa secara swadaya.

LAKBOK – Warga RW 001 Dusun Citamiang, Cintaratu, Lakbok, Kabupaten Ciamis bergotong-royong membangun jalan desa. Pembangunan jalan menggunakan dana dari swadaya masyarakat.
“Kita masyarakat secara swadaya melanjutkan pembangunan jalan desa yang terhenti lantaran anggaran dana desa sudah beres,” ujar pembina Forum Komunikasi Anak Citamiang (Forka Cita) Ahmad Musadad Kamis (14/12).
Dia menerangkan sebelumnya telah dibangun jalan sepanjang 500 meter di lokasi tersebut. Anggarannya dari dana desa sebesar Rp 128 juta. Hanya saja, kata dia, masih ada 110 meter lagi jalan sampai ke saluran irigasi belum diperbaiki. “Jadi dilakukan swadaya. ,” terangnya.
Dia menambahkan hasil dari swadaya masyarakat yang terkumpul yakni sebesar Rp 6 juta. Namun material seperti pasir, kerikil dan semen untuk membangun jalan masih utang sekitar Rp 50 jutaan. “Dana dari swadaya tidak cukup. Dan kita masih kekurangan Rp 50 juta untuk menyelesaikan jalan sepanjang 65 meter lagi di seberang jalan,” ungkapnya.
Ketua RW 001 Watam Heryadi mengatakan sebelumnya desa telah melakukan pembangunan jalan sepanjang 500 meter. “Masyarakat ingin jalan desa beres sampai saluran irigasi. Sehingga dilakukan secara swadaya untuk membangunnya,” katanya.
Ketua RT Solehan me­nam­bahkan terakhir jalan diaspal sepuluh tahun lalu. Sehingga kondisi jalan rusak. “Kita berharap kepada pemerintah dan para donatur bisa membantu menyelesaikan pembangunan jalan desa. Guna meningkatkan perekonomian masyarakat,” ungkapnya. (nto)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.