Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3.1%

19.3%

7.3%

70.3%

Bangun Kebersamaan Lewat Halalbihalal

81
0
MENGHADIRI. Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya menghadiri halalbihalal Idul Fitri di ruang rapat paripurna. DOKUMENTASI DPRD KABUAPTEN TASIKMALAYA
MENGHADIRI. Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya menghadiri halalbihalal Idul Fitri di ruang rapat paripurna. DOKUMENTASI DPRD KABUAPTEN TASIKMALAYA

SINGAPARNA – Walaupun di tengah pandemi Covid-19, DPRD Kabupaten Tasikmalaya menggelar halalbihalal usai Idul Fitri 1441 Hijriah untuk memperkuat silaturahmi dan lebih mengenal satu sama lain antara dewan, sekretariat dewan dan para pegawai.

Dalam momen tersebut, DPRD mengaku akan lebih mengoptimalkan peran dan fungsi dewan sebagai pengawasan, legislasi dan budgeting atau penganggaran.

Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Asep Sopari Al-Ayubi SP mengatakan, momen ini dijadikan untuk membangun semangat kebersamaan di antara dewan, sekretariat dan pegawai. “Bekerja sama, mengedepankan prinsip kolektif kolegial, ditunjukkan dengan halalbihalal tetap menerapkan protokol kesehatan. Kita berharap berkomunikasi lebih baik lagi,” ungkap Asep.

Kemudian, kata Asep, ke depannya fungsi legislatif lebih dilaksanakan dengan baik. Dari pengawasan, penganggaran dan legislasi atau membuat peraturan daerah (perda).

Asep menargetkan di rentang waktu 2020-2021, DPRD mempunyai target untuk mensahkan dan membuat perda inisiatif sebanyak 12 buah. Perda inisiatifnya ditargetkan enam, sisanya perda rutin, seperti APBD dan usul inisiatif eksekutif. “Di rapat Bapemperda itu kita harus lebih produktif. Dengan catatan melahirkan Perda harus jelas landasannya untuk melindungi kepentingan masyarakat,” ungkap dia.

Saat ini, jelas dia, DPRD juga sedang menggodok lahirnya Perda tentang Peningkatan Perubahan Retribusi. “Intinya kita dorong antara eksekutif dengan legislatif, harus saling dorong dalam hal penganggaran, dalam pembuatan perda,” tambah dia.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Drs Erry Purwanto MSi menambahkan, lewat silaturahmi antar anggota dan pimpinan dewan serta unsur pendukung lainnya di DPRD, diharapkan terwujud satu kekuatan bersama untuk membesarkan kelembagaan dewan sebagai wakil rakyat.

“Dengan kebersamaan yang kuat ini, kami berupaya untuk menjadi wakil rakyat yang dirasakan keberadaannya, menerima aspirasi dan ikut membantu mewujudkan apa yang diharapkan oleh masyarakat,” ungkap dia.

Kelembagaan DPRD, kata Erry, harus menjadi lembaga yang dicintai oleh masyarakat dan membantu semua permasalahan yang ada baik dari sisi kesejahteraan, perekonomian dan keamanan rakyat.

Sekretaris DPRD Kabupaten Tasikmalaya Drs H Iing Farid Khozin MSi mengungkapkan bahwa acara halalbihalal ini, merupakan yang pertama kali dilaksanakan di susunan anggota dewan periode yang baru.

“Dengan adanya halalbihalal ini, maka seluruh anggota dewan saling mengenal dan silaturahmi dengan seluruh jajaran sekretaris dewan, termasuk dengan pegawai, keluarga besar kelembagaan dewan,” papar dia.

Menurut Iing, ikatan silaturahmi harus semakin dibangun ke depannya. “Tidak kenal maka tak sayang. Karena banyak muka dan wajah baru yang duduk di kursi dewan ini. Seluruhnya dengan anggota, pimpinan dewan, pegawai di setwan dan OB, satpam ini semuanya lebih dari 115 orang. Kebersamaan ini buahnya dapat dirasakan masyarakat umum, dimulai dari ikatan dewan, untuk kepentingan rakyat,” jelas dia. (dik/adv)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.