Banjir di Banjarsari Ciamis, 856 Warga Mengungsi, Petugas Evakuasi Korban

273
0
radartasikmalaya.com
Tampak para petugas sedang mengevakuasi korban banjir di Kecamatan Banjarsari Ciamis, Selasa (27/10). istimewa untuk radartasikmalaya.com

CIAMIS – Kapolres Ciamis, AKBP Dony Eka Putra SIK MH bersama Dandim 0613/Ciamis, Letkol Czi Dadan Ramdani S.Sos., M.A.P., meninjau langsung lokasi bencana alam banjir di sejumlah desa di Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis, Selasa (27/10) sore.

Pasalnya, ada 856 Warga di 3 Desa di Kecamatan Banjarsari Ciamis Mengungsi ke beberapa tempat.

Kehadiran Kapolres beserta Dandim di lokasi bencana untuk mengecek kegiatan evakuasi korban banjir yang dilakukan para personel Polres Ciamis Polda Jabar.

Tidak hanya personel Polres Ciamis, proses evakuasi ini juga dibantu oleh para petugas BPBD Kabupaten Ciamis, Tagana Kabupaten Ciamis, Anggota Kodim 0613/Ciamis dan para relawan kebencanaan disekitar Kecamatan Banjarsari.

radartasikmalaya.com
Petugas memberikan bantuan kepada kepala desa untuk disalurkan kepada korban banjir di Kecamatan Banjarsari Ciamis, Selasa (27/10). istimewa untuk radartasikmalaya.com

Kapolres Ciamis, AKBP Dony Eka Putra, SIKMH menuturkan, kehadirannya di lokasi bencana bersama Dandim 0613/Ciamis untuk mengecek lokasi yang tekena banjir.

Sebanyak 3 desa di Kecamatan Banjarsari yang mengalami banjir, diantaranya Desa Sindanghayu, Desa Purwasari dan Desa Ciherang.

“Kami sudah memerintahkan jajarannya unuk membantu penanganan korban banjir agar tidak sampai jatuh korban,” ujar Kapolres.

“Dalam penanganan bantuan banjir, kami lakukan kerja terpadu dengan dibantu personel TNI, BPBD, Tagana dan Relawan Kebencanaan,” sambungnya.

Evakuasi yang dilakukan, kata Kapolres, dipimpin langsung oleh Kasat Sabhara dan melibatkan sepuluh personel Satuan Sabhara Polres Ciamis Polda Jabar.

Proses evakuasi para personel dibantu dengan beragam peralatan evakuasi, mulai dari truk Dalmas, perahu canoe, helm SAR, pelampung, dayung, senso, cangkul, dan sekop.

“Kami terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah agar bencana banjir yang disebabkan intensitas hujan ini segera mendapat penangangan.

Untuk sementara, korban yang dievakuasi seperti bayi dan lansia serta barang berharga dibawa ke Kantor Desa Sindangrahayu.

Total warga tiga desa di Kecamatan Banjarsari yang mengungsi sebanyak 856 jiwa,” kata Kapolres.

Kapolres menambahkan, pihaknya akan terus bersiaga dan melakukan evakuasi bila sewaktu-waktu terjadi hujan deras susulan.

Selain itu, untuk menjaga keamanan dari rumah-rumah yang terendam banjir dari gangguan 3C, curat, curas, dan curanmor.

“Kami minta warga untuk tetap waspada terhadap bencana, terlebih saat ini musim hujan telah tiba,” tuntasnya.

(iman s rahman)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.