Banjir di Sukaresik Tasikmalaya Rutin Terjadi

137
0

KABUPATEN TASIK – Ternyata, Banjir yang terjadi di Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya, setiap tahin rutin terjadi.

Banjir di kawasan yang merupakan pertemuan antara Sungai Citanduy dengan Cikidang itu mulai surut, Senin (17/2) sore.

Kendati demikian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya mengimbau warga tetap waspada lantaran hujan masih terjadi di sebagian besar wilayah Tasik.

Berita terkait : Air Sungai Cikidang dan Citanduy Meluap, Wilayah Sukaresik Tasik Terendam

Kepala Kedaruratan BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Dede Sudrajat mengatakan, berdasarkan informasi di lapangan, air yang membanjiri Desa Tanjungsari sudah surut total.

Menurut dia, tak ada lagi air yang menggenang di wilayah itu. “Saat ini sudah kondusif (air banjir mulai surut, Red). Aktivitas kembali normal,” kata dia saat dihubungi wartawan, Senin (17/2) sore.

Terang dia, banjir di Kecamatan Sukaresik selalu terjadi setiap tahun. Ketika hujan dengan intensitas tinggi terjadi di wilayah dataran tinggi, seperti Kecamatan Kadipaten atau Kecamatan Ciawi, air yang mengalir melalui Sungai Citanduy akan meluap ke Sukaresik, karena terjadi pertemuan dengan Sungai Cikidang di wilayah itu.

Ia menjabarkan, warga di Kecamatan Sukaresik umumnya sudah terbiasa menghadapi banjir. Warga di wilayah itu mempersiapkan diri dengan membangun tempat di atas rumah mereka. Dengan begitu, barang-barang berharga mereka dapat diselamatkan ketika banjir datang.

“Jangankan banjir 50 centimeter, jika banjir 1 meter saja warga tak mau dievakuasi. Kecuali kalau banjir lebih dari 2 meter baru mereka mau dievakuasi,” bebernya.

Dede mengimbau agar warga di Kecamatan Sukaresik waspada. Sebab, bencana itu tidak bisa diprediksi. Meski banjir selalu terjadi setiap tahunnya, air bisa saja datang dengan ketinggian yang lebih dari banjir sebelumnya.

Sementara itu para dermawan dan relawan mulai turun ke lokasi banjir memberikan berbagai bantuan makanan.

Itu seperti yang dilakukan Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Kota Tasik.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Tasik, H Syarif Hidayat turun langsung ke lokasi banjir beserta pegurus Lazismu Kota Tasik.

Mereka menyerahkan bantuan berupa 30 paket beras dan mie instan kepada warga Dusun Calung Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaresik.

(rezza rizaldi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.