Beranda Ciamis Banjir Rendam 30 Hektare Sawah

Banjir Rendam 30 Hektare Sawah

43
0
BERBAGI
BANJIR. Salah seorang petani menunjukkan areal sawahnya yang masih terendam banjiur Senin (12/3). (Iman S Rahman/radartasikmalaya.com)

PANUMBANGAN – Hujan deras yang mengguyur Ciamis pada Minggu (11/3), mengakibatkan tanggul penahan Sungai Citanduy di Blok Sawah Bojong Desa Tanjungmulnya Kecamatan Panumbangan jebol. Dampaknya, 30 hektare sawah siap panen di lima desa di Kecamatan Panumbangan terendam banjir. Antara lain Desa Kertaraharja, Desa Tanjungmulya, Desa Sukakerta, Desa Panumbangan dan Desa Medanglayang. “Luapan sungai (terjadi) sejak kejadian hujan dua hari lalu. Sampai saat ini (kemarin, Red) belum surut. Bahkan tidak menutup kemungkinan bila hujan terus akan kembali meluap, yang mengalir airnya dari tanggul jebol,” ungkap Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Ade Waluya saat meninjau lokasi banjir Senin pagi (12/3).

Selain merendam sawah, kata dia, banjir juga merendam rumah Cucu (40) di Dusun Landeuh RT 6/7 Desa Tanjungmulya Kecamatan Panumbangan. Ketinggian air mencapai setinggi lutut orang dewasa. Meski begitu, pemilik rumah tetap bertahan di lokasi. Padahal, sudah disarankan untuk mengungsi.
“Kami juga mengimbau kepada masyarakat di Panumbangan kalau hujan terus menerus dan air meluap, alangkah baiknya mengungsi,” imbaunya.

Jika tanggul penahan yang jebol tidak segera ditutup, lanjutnya, kemungkinan banjir akan terus terjadi. Berdasarkan catatannya, selama hampir 30 tahun Panumbangan menjadi langganan banjir. Hal ini disebabkan adanya perluasan pemukiman yang mengurangi area resapan air dan terjadinya pendangkalan sungai.

Penyebab lainnya, ada tujuh anak sungai yang alirannya bermuara ke Sungai Citanduy. Yakni anak sungai yang berasal dari wilayah Ciamis dan Tasikmalaya.

“Makanya bila hujan turun selama empat jam, pasti Sungai Citanduy akan meluap dan mengakibatkan banjir musiman di Kecamatan Panumbangan,” paparnya.

Selain Kecamatan Panumbangan, lanjutnya, masih ada lima wilayah lain yang menjadi langganan banjir di Ciamis. Antara lain Kecamatan Purwadadi, Kecamatan Lakbok, Kecamatan Pamarican, Kecamatan Banjarsari dan Kecamatan Cidolog.

Kasi Pelayanan Desa Sukakerta Kecamatan Panumbangan Ade Fuji menambahkan di wilayahnya banjir merendam dan menghanyutkan padi yang telah dipotong. Sekitar satu hektar sawah bengkok juga terendam. Kerugian akibat bencana itu diperkirakan mencapai ratusan juta. (isr)

Facebook Comments

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.