Bencana Menerjang Tiga Kecamatan di Ciamis

Banjir Rendam Kantor Desa Kalijaya

48

CIAMIS – Hujan deras yang melanda Ciamis dan sekitarnya sejak Rabu sore (5/12) hingga Kamis pagi (6/12) menyebabkan banjir dan tanah longsor.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penang­gulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis Ani Supiani ST MSi menjelaskan tiga kecamatan dilanda bencana setelah kawasan itu dilanda hujan sejak Rabu sore hingga Kamis pagi.

Kamis pagi, Desa Kalijaya di Kecamatan Banjaranyar terendam banjir. Bahkan air se mata kaki orang dewasa atau ketinggian sekitar 10 cm masuk ke kantor Desa Kalijaya. Air tersebut dari selokan di sekitar kantor desa.

“Pada paginya kami pantau, sudah surut, hingga menyisakan lumpur di desa dan di halaman desa dan lagi dibersihkan,” jelas Ani Kamis (6/12) pagi di kantornya.

Masih di Desa Kalijaya. Longsor menyebabkan rumah milik Saad (50) di Dusun Gunung Kendang rusak. Itu akibat tertimpa tanah dari tebing 8 meter yang longsor. “Kondisi rumahnya rusak parah, kini (keluarga Saad) telah diungsikan ke rumah saudaranya,” ujarnya.

Di Dusun Sindangsari RT 13/2 Desa Kalijajaya, tebing setinggi 9 meter lebar 7 meter di belakang rumah milik Jumsah (60) longsor. Akibatnya dapur rumahnya rusak. Korban tidak mengungsi, namun warga sudah membereskan materialnya secara gotong royong.

Longsor juga menyebabkan Jalan Desa Kalijaya tertutup. Itu akibat tanah setinggi empat meter lebar 5 meter longsor. “Jadi hanya bisa dilalui oleh sepeda motor saja, karena sebagian sudah longsor.

Kami ke lokasi telah asesmen dan telah memberikan bantun kepada korban rumah yang terkena longsor,“ ungkapnya.

Longsor jua melanda Dusun Nangewer RT 1/2 Desa Jelat Kecamatan Baregbeg. Tebing 10 meter menimpa rumah Iwa (80). Rumah tersebut berada di bawah tebing. Tidak sampai ada korban jiwa. Korban juga tidak sampai mengungsi. “Namun kami berikan imbauan saja untuk meningkatkan kewaspadaan, mengingat saat ini musim hujan dengan intensitas tinggi, “ paparnya.

Jalan desa di Dusun Setiamulya Desa Sindangsari Kecamatan Cikoneng juga tertimbun longsor. Warga melakukan gotong royong membersihkan material longsoran hingga jalan itu bisa dilalui kembali kendaraan.

“Memang Ciamis ini bila ada hujan deras selalu ada kejadian bencana, makanya masyarakat harus waspada,“ ujarnya. (isr)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.