Bank bjb Bantu Petani Kapolaga Pangandaran

75
0
KERJA SAMA. Bank bjb jalin kerja sama dengan Sekretariat Nasional BUMP RI, tujuannya agar para petani kapolaga bisa dapat kucuran dana. Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya
KERJA SAMA. Bank bjb jalin kerja sama dengan Sekretariat Nasional BUMP RI, tujuannya agar para petani kapolaga bisa dapat kucuran dana. Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya

PANGANDARAN – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank bjb) menandatangani nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama dengan Sekretariat Nasional Badan Usaha Milik Petani (BUMP) Indonesia. Kerja sama ini agar para petani kapolaga di Pangandaran bisa mendapatkan pendanaan untuk usaha mereka.

Pemimpin Divisi Kredit UMKM Bank bjb Denny Mulyadi mengatakan kerja sama tersebut bertujuan untuk meningkatkan perekonomian, tata niaga petani kapolaga Pangandaran.

“Kita dari Bank bjb menyediakan permodalan bagi para petani kapolaga yang ada di Kabupaten Pangandaran ini,” ungkapnya kepada Radar, Rabu (25/11).

Permodalan yang diberikan tentu saja untuk pemupukan dan pemeliharan, termasuk memasarkan produk hasil para petani kapolaga di sini.

“Ikut mencarikan pangsa pasar produk kapolaga ini bersama dengan Sekretariat Nasional BUMP, baik saat sedang panen biasa ataupun saat panen melimpah, “ katanya.

Baca juga : Akhirnya Para Pedagang Pasar Pananjung Pangandaran Jalani Swab Test Masal

Sehingga, lanjut dia, keterjaminan harga produk yang dihasilkan para petani bisa terjaga, selain itu pembelian produk hasil pertanian juga terjamin. “Untuk besaran kredit yang diberikan tergantung pada luas lahan yang dimiliki oleh petani,” jelasnya.

Ia mencontohkan untuk 1 hektare lahan kapolaga, bisa mendapat kucuran dana hingga Rp 44 juta. “Namun juga disesuaikan untuk kebutuhan,” katanya.

Kata dia, BUMP yang ada di Pangandaran merupakan yang pertama di Jawa Barat dan kini sudah menjalin kerja sama.

“Petani harus naik kelas jadi pengusaha tani, sehingga taraf kesejahteraan mereka bisa meningkat,” ungkapnya.

Direktur BUMP PT Kapolaga Berkah Pangandaran Kunkun Herwanto mengatakan, kerja sama tersebut sangat membantu petani kapolaga dalam hal permodalan atau kredit.

“Kami sangat menyambut baik keseriusan pemerintah dalam memberdayakan sektor pertanian,” katanya.

Kapolaga Pangandaran sendiri disebut-sebut memiliki kualitas terbaik se-Indonesia, bahkan permintaan tiap bulannya sangatlah tinggi. “Minimun 26 ton sampai 1.000 ton permintaanya,” kata dia. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.