Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

4.4%

20.4%

8.4%

66.9%

Bansos Rp500 Ribu dari Pemkot Tasik untuk 17.599 KK Dibagikan Tanggal 11 Mei

1602
4
MENJELASKAN. Wali Kota Tasikmalaya H Budi Budiman menjelaskan perkembangan penanganan Covid-19 dan rencana pemberlakuan PSBB di Aula Bale Kota Senin (4/4) sore. Hadir dalam kesempatan itu Wakil Wali Kota H M Yusuf, Ketua MUI KH Ate Musodiq dan Ketua DPRD Kota Tasikmlaya H Aslim dan lainnya. Firgiawan / Radar Tasikmalaya

BUNGURSARI – Pemerintah Kota Tasikmalaya berencana membagikan bantuan sosial (bansos) bagi 17.599 kepala keluarga (KK) pada 11 Mei 2020.

“Dari Kota Tasikmalaya, insyaallah sudah direncanakan dan sepakat, minggu depan bantuan itu dibagikan,” ujar Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman saat menggelar konferensi pers di Bale Kota, Senin (4/5).

Baca juga : Tak Paham PSBB, Warga Kota Tasik Malah Borong & Nyetok Sembako

Menurutnya, pertimbangan pembagian bantuan tersebut mengingat Kota Resik bakal memulai pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada 6 Mei.

Dia memahami PSBB bakal berdampak terhadap sejumlah kegiatan di masyarakat.

“Oleh karena itu, bentuknya pun disamakan dengan bansos dari Provinsi berupa uang tunai Rp 500.000. Tidak dalam bentuk sembako,” kata Budi.

Budi menjelaskan sebagai upaya meminimalisir dampak terhadap masyarakat selama pemberlakuan PSBB, pemerintah sudah menyiapkan program jaring pengaman sosial bagi warga terdampak.

Jumlahnya 175.899 KK. Itu terbagi ke dalam dua kategori yakni Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan Non-DTKS.

“Dari jumlah tersebut, masyarakat akan mendapat bantuan dari beragam pintu bantuan. Mulai dari PKH, BPNT, BPNT Perluasan, Bansos Tunai Kemensos, termasuk Bansos Provinsi Jawa Barat yang sudah diterima melalui pos pekan lalu sebanyak 2.849 penerima. Nanti yang sudah menerima tidak akan terima bantuan dari pintu lain,” tuturnya memaparkan.

Wali kota yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, memastikan warga tidak perlu panik dalam berbelanja kebutuhan pokok, sebab pasokan kebutuhan pangan 14 komoditas dipastikan aman sampai Idul Fitri.

“Kami imbau warga tidak khawatir selama pandemi Covid-19. Dijamin stok kebutuhan pokok masyarakat aman, tidak usah panic buying,” pinta Budi.

Terpisah, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kota Tasikmalaya Ahmad Junaedi Sakan mengaku bersyukur rencana Pemkot yang semula menggandeng pihak tertentu dalam mendistribusikan bantuan, urung dilaksanakan.

Sejak awal, pihaknya sudah mengusulkan bantuan dari daerah harus berbentuk uang tunai supaya dapat menggerakan roda ekonomi masyarakat di tengah pandemi.

“Kita sudah memprediksi awalnya, Pemkot akan menggandeng Bulog dan pengusaha besar untuk pengadaan pangan yang akan dibagikan ke masyarakat. Namun, dengan berbentuk uang, kami menyambut baik sebagaimana sejak awal sudah diusulkan supaya bantuan berupa uang tunai,” kata Ahmad Junaedi memaparkan.

Pria yang juga Ketua DPD KNPI Kota Tasikmalaya itu mengatakan dampak PSBB tentunya akan semakin terasa oleh masyarakat.

Baca juga : Proyek Beli Sarung Rp2,7 M Dibatalkan Pemkab Tasik, Digeser Penanganan Covid-19

Setelah wabah tersebut melanda daerah, sejumlah sektor ekonomi mulai terdampak.

“Kita sepakat dan mendukung, supaya bantuan berupa tunai, sehingga bisa dibelanjakan di pasar rakyat atau pun kios dan warung milik warga, sehingga ekonomi bisa bergerak, inflasi pun tidak terlalu berat,” kata dia. (igi)

loading...

4 KOMENTAR

  1. Bagai mana dengan nasib warga pendatang,,dari dampak PSBB??
    Mohon di klarifikasi lagi bantuan untuk warga pendatang,,karna posisi itu yang saya rasakan,,saya bukan warga asli tasikmalaya,,dan saya terdampak oleh pemberlakuan PSBB.

  2. Assalamualaikum maaf saya dari salasatu warga miskin Tasikmalaya d rt saya ada pembagian sembako padahal hampir semua tetangga saya terbagi sembako.tp saya tidak..padahal rt nya tau keadaan saya anak saya 2 balita istri saya orang tuanya sudah almarhum 2 2 nya..apa mungkin saya tidak pantas terima bantuan..sedangkan tetangga saya yg lain mempunyai perusahaan yg sedang berjalan mereka terima bantuan itu..tolong keadilannya.pa Bu..terimakasih..

  3. kapan aku dapat bansos,aku puya anak 2 brharap bantuan dari pemkot,karna aku gak prnah menerima bantuan apapun,,,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.