Bantu Kembangkan Potensi Wisata Cisewu

115
0
KERJA SAMA. Rektor Universitas Garut Dr Ir H Abdusy Syakur Amin MEng bertemu Camat Cisewu Drs Doni Rukmana belum lama ini. Mereka membahas tindak lanjut program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Uniga untuk Rakyat Garut
Loading...

TAROGONG KIDUL – Universitas Garut (Uniga) menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Kecamatan Cisewu dalam mengembangkan dan menggali potensi wisata baru. Rencana kerja sama muncul saat Rektor Uniga Dr Ir H Abdusy Syakur Amin MEng dan Camat Cisewu Drs Doni Rukmana membahas tindak lanjut program Kuliah Kerja Nyata (KKN).

“Waktu pertemuan itu, pak camat minta kerja sama dengan Uniga dalam bidang peningkatan sektor pariwisata di sana,” ujar Rektor Uniga Dr Ir H Abdusy Syakur Amin MEng kepada wartawan Minggu (23/6).

Pihaknya pun menyetujui. Sebab di Uniga sudah ada Program Studi (Prodi) Pariwisata. Nantinya mahasiswa Prodi Pariwisata bisa membantu mengembangkan potensi wisata di Kecamatan Cisewu. “Permintaan kerja sama ini gayung bersambut buat kita, karena di Uniga sudah ada Prodi Parwisata,” terangnya.

Syakur menerangkan salah satu potensi pariwisata yang dimiliki Kecamatan Cisewu yakni sumber air panas. Menurutnya, itu potensial dikembangkan menjadi wisata baru. “Kalau dikembangkan ini bisa menjadi destinasi desa wisata,” terangnya.

Dia mengatakan nantinya setelah adanya kerja sama Uniga akan memberikan pelatihan kepada masyarakat dalam memajukan potensi wisata di daerah tersebut. “Kami ucapkan terima kasih kepada pak camat yang telah memberi kepercayaan kepada Uniga dalam mewujudkan mimpi masyarakat Cisewu memiliki daerah wisata baru,” terangnya.

Kepercayaan mengembangkan potensi wisata, kata dia, bagi Uniga merupakan bentuk implementasi dari tri dharma perguruan tinggi, salah satunya pengabdian kepada masyarakat.

Camat Cisewu Drs Doni Rukmana mengatakan potensi wisata yang ingin dikembangkannya yakni sumber air panas. Di wilayahnya ada beberapa sumber air panas, seperti di Desa Sukajaya, Desa Cisewu dan Desa Nyalindung. “Sekarang memang sudah diupayakan membangun lokasi melalui swadaya masyarakat, tetapi banyak keterbatasan,” ujarnya.

Loading...

Dengan serba keterbatasan ini, kata dia, pembangunan objek wisata tidak memberikan dampak yang diharapkan bagi masyarakat setempat. Maka dari itu pihaknya berinisiatif menjalin kerja sama dengan lembaga lain, salah satunya Universitas Garut.

Pihaknya memilih kerja sama dengan Uniga karena salah satu perguruan terbesar di Garut, apalagi Uniga telah memiliki Program Studi Pariwisata. “Uniga juga telah melakukan KKN di Cisewu dan telah nyata memberikan kontribusinya untuk daerah kami. Tidak salahnya kerja sama yang telah terjalin selama KKN kita lanjutkan kembali,” katanya.

Doni berharap kerja sama tersebut segera terjalin, sehingga pengembangan pariwisata di daerahnya bisa segera dimulai. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.