Bantu UMKM, Bentuk Komunitas

135
0

BANJAR – Kepala Bidang Koperasi dan UKM Kota Banjar, Neneng Widya Hastuti mengatakan sebanyak 200 pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Banjar sudah masuk pasar online. Pemasaran melalui online itu dilakukan individu masing-masing UMKM atau digawangi komunitas.

“Komunitas UMKM Kota Banjar sebagian sudah masuk pasar online. Mungkin nanti ada pengelolanya sendiri untuk pemasaran online ini. Nanti juga kita bantu komunitasnya dilegalitaskan,” kata dia Kamis (16/5).

Ia menjelaskan komunitas untuk pasar online mulai terbentuk baru-baru ini. “Ada beberapa kendala klasik yang sering dialami oleh para UKM kita, diantaranya keterbatasan SDM, daya saing produk dan modal. Gunanya komunitas ini jika ada kendala seperti ini bisa menjadi solusi. Kita juga terus mendorong supaya semua UMKM itu gabung di kerja sama itu,” katanya.

Sementara itu, Neneng menerangkan produk UMK yang laku di pasar online atau sering dipesan oleh buyer melalui beberapa aplikasi toko online adalah makanan olahan.

“Kalau produk unggulan kita saat ini masih rengginang, makanan olahan ini bahkan sudah jadi produk unggulan daerah,” katanya. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.