Bantu Warga Tak Mampu, Ada ATM Sembako Gratis di Kampung Dirgahayu Garut

96
0
SEMBAKO GRATIS. Warga saat menyimpan beberapa sembako di ATM Sembako. Di ATM Sembako itu, warga yang kurang mampu bisa mendapat sembako gratis. Yana taryana / rakyat garut

TAROGONG KIDUL – Warga di Kampung Dirgahayu RW 02 Kelurahan Sukakarya Kecamatan Tarogong Kidul membangun tempat penyimpanan sembako yang dinamakan ATM Sembako Gratis. Pembangunan tempat sembako gratis itu untuk membantu warga kurang mampu di massa pandemi Covid-19.

“Untuk mengisi ATM Sembako Gratis warga di sini saling berdonasi untuk membantu warga tak mampu,” ujar Asep Nurdin (43), salah seorang warga Kampung Dirgahayu kepada wartawan, Jumat (16/10).

Baca juga : Pameungpeuk Garut Paling Parah Diterjang Banjir Bandang

Menurut dia, setiap hari, warga yang mampu menyimpan berbagai jenis sembako di ATM itu. Mulai dari beras, lauk pauk, sayuran, minyak goreng, bumbu masakan dan lainnya.

“Warga yang tak mampu boleh mengambil sembako di ATM. Tinggal ambil saja apa yang diperlukan dan tak perlu malu,” ucapnya.

Ide pembuatan ATM Sembako Gratis berawal dari keinginan warga untuk membantu warga lain yang kurang mampu. Dengan keberadaan ATM, minimal warga yang membutuhkan tinggal mengambil barang yang dibutuhkan.

“Kalau minta ke tetangga khawatir sungkan. Tapi dengan cara seperti ini, bisa sangat membantu. Alhamdulillah setiap hari banyak yang menyimpan sembako ke ATM,” terangnya. Di ATM sembako itu terpampang sebuah tulisan menarik. “Bagi yang membutuhkan ambil seperlunya, bagi yang mampu silakan gantungkan”.

Kegiatan itu pun rutin disampaikan melalui sarana pengajian. Warga mendukung program tersebut. Selain untuk membantu warga tak mampu, keberadaan ATM sembako itu juga untuk melatih kejujuran dan rasa tolong menolong.

Ia tak mengira, antusiasme warga terhadap ATM Sembako sangat besar. “Ternyata banyak dermawan yang berpartisipasi. Mereka menyimpan berbagai sembako di ATM. Warga yang kurang mampu juga hanya mengambil sembako untuk hari itu saja,” ujarnya.

ATM Sembako itu baru berjalan selama satu minggu. Sepanjang keberadaan ATM Sembako, kebutuhan yang paling banyak diambil warga yakni beras. Hal ini membuktikan banyak warga yang masih tak memiliki beras untuk dimasak.

Ketua RW 02 Kampung Dirgahayu Indra Rahmat mengaku terkejut dengan antusiasme warga dengan keberadaan ATM Sembako. Setiap hari banyak yang menyimpan barang ke ATM karena ingin membantu sesama warga yang lain.

Baca juga : Kemenaker Pastikan Tak Ada Kendala Soal SJSN di Garut

“Semoga keberadaan ATM ini bisa bermanfaat bagi warga. Meski baru seminggu, tapi sudah sangat dirasakan oleh warga. Tentu kesadaran warga bisa terus dipertahankan,” ucap Indra.

Selain program ATM Sembako Gratis, Indra juga mencanangkan sejumlah program lain untuk membantu warga di wilayahnya. Mulai dari Jumat Berkah dengan menyediakan nasi bungkus bagi para jemaah salat Jumat. (yna)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.