Bantuan DID Kota Banjar untuk Petani & Peternak Terdampak Covid-19, Tapi Tak Tersalurkan

71
0
Tri Pamuji Rudianto Wakil Ketua DPRD Banjar
Tri Pamuji Rudianto Wakil Ketua DPRD Banjar
Loading...

BANJAR – Wakil Ketua DPRD Banjar Tri Pamuji Rudianto menyayangkan masih rendahnya penyerapan anggaran Dana Insentif Daerah (DID) di Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjar.

Tri Pamuji menganggap DKP3 tidak siap dalam perencanaan untuk melaksanakan program bantuan itu. Kata dia, program DID seharusnya bisa segera direalisasikan lantaran sasaran dari bantuan itu adalah masyarakat petani dan peternak yang terdampak Covid-19.

“Bukan pada laporan keuangannya, yang penting adalah dengan waktu yang sempit dan kondisi pandemi ini harusnya Dinas Pertanian segera melaksanakan realisasi pemberian bantuan dengan cepat kepada yang membutuhkan, jangan malah berkutat dalam masalah lelang atau lambatnya proses pencairan anggaran. Peternak dan petani juga kan sama-sama terdampak dan membutuhkan suntikan bantuan untuk kembali bertani dan beternak,” katanya.

Baca juga : Zona Merah, Pemkot Banjar Larang PNS Dinas Luar Daerah

Dia berharap Dinas Pertanian segera menyelesaikan program yang diusulkannya, jangan sampai ada masalah. Kemudian pengadaan barang, baik bibit ternak maupun pertanian harus sesuai spesifikasi. “Jangan asal-asalan karena bentuknya bantuan yang dibutuhkan untuk kembali produksi pertanian dan peternakan,” kata dia.

loading...

Tri Pamuji juga mengaku akan mendorong komisi yang bermitra dengan DKP3 supaya bisa mengawasi jalannya program itu selesai tepat waktu dan tepat sasaran. “Sehingga pelaksanaan programnya terawasi dan sesuai target awal,” kata dia.

Sebelumnya, DKP3 Banjar mendapat pagu anggaran Rp 1,8 miliar untuk empat item bantuan bagi petani dan peternak yang terdampak Covid-19. Bantuan DID dari pemerintah pusat itu juga dilaksanakan oleh beberapa OPD lainnya dengan program belanja yang berbeda.

“Tidak ada kendala, hanya saja masih dalam proses pengajuan pencairan. Untuk program ini optimis lah tercapai atau terserap 100 persen,” kata Kepala DKP3 Banjar Aswin. (cep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.