Bantuan Pangan Non Tunai di Kabupaten Tasik Belum Dicairkan

30
0
Loading...

KARANGNUNGGAL – Sebanyak 5.700 warga di Kecamatan Karangnunggal menjadi penerima manfaat Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) 2021. Hal itu diungkapkan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Karangnunggal Jajang kepada Radar, Minggu (7/2/2021).

Kata dia, program sembako ini merupakan bantuan sosial kepada keluarga miskin dan rentan untuk mengurangi beban dalam memenuhi kebutuhan pangan.

“Dari jumlah sebanyak itu, masing-masing KPM menerima Rp 200.000 setiap bulannya yang harus dibelanjakan untuk sembako. Uang tersebut ditransfer langsung ke rekening KPM yang berada di bank penyalur,” ujarnya.

Jajang menyebutkan, bantuan dana tersebut digunakan KPM untuk dibelanjakan komoditas bantuan di agen atau e-warung menggunakan Kartu Kesejahteraan Sosial (KKS) yang berfungsi semacam kartu ATM untuk melakukan pembayaran.

Komoditas yang harus dipenuhi, kata dia, di antaranya kebutuhan karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Sehingga beras menjadi komoditas yang pasti ada dalam setiap pengambilan bantuan. Penerima melakukan pengambilan bantuan dilakukan di e-waroeng.

loading...

Baca juga : Puluhan Rumah di Gunung Tanjung Kabupaten Tasik Terancam Pergerakan Tanah

Mejurut Jajang, pada waktu penyaluran di tiap agen atau e-waroeng, pihaknya juga kerap menyarankan para pernerima untuk komplain langsung ketika ada komoditas yang tidak layak. Supaya pihak penyuplai bisa secepatnya melakukan pergantian.

“Tapi sejauh ini tidak ditemukan KPM yang mengeluh atau komplain terkait sembako yang diterima Januari kemarin. Para KPM mengaku kualitas sembako bagus. Mudah–mudahan ke depan pihak penyuplai tetap memperhatikan kualitas dan kuantitas sembako yang diberikan kepada para KPM BPNT di wilayah Karangnunggal,” ucapnya.

Lanjut Jajang, untuk tahun 2021 ini, penyaluran BPNT sendiri sudah dilaksanakan pada pertengahan bulan Januari lalu. Sedangkan, untuk bulan Februari ini belum ada penyaluran sama sekali, karena masih menunggu. “Kita masih menunggu laporan datanya. Mudah-mudahan dapat secepatnya terlaksanakan,” kata Jajang.

Kepala Bidang Linjamsos Penanganan Fakir Miskin (PFM) pada Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PMDP3A) Kabupaten Tasikmalaya Rahmat ZM menambahkan, jumlah keluaraga penerima manfaat (KPM) Bantuan Pangan Non Tunai mencapai 145 ribu lebih.

“Untuk penyaluran pertama sudah dilaksanakan sekitar pertengahan bulan Januari lalu, sedangkan untuk bulan Februari ini masih menunggu data penerima,” kata dia. (obi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.