Bantuan Rumah untuk Korban Bencana di Garut Jadi Percontohan Nasional

25
0
istimewa BANTUAN. Bupati Garut H Rudy Gunawan tinjau korban bencana yang dapat bantuan rumah.
Loading...

TAROGONG KIDUL – Bupati Garut H Rudy Gunawan mengatakan program bantuan rumah untuk korban bencana longsor di Kecamatan Talegong mendapat apresiasi dari pemerintah pusat.

Rencananya program tersebut akan menjadi percontohan di tingkat nasional.

“Program bantuan pembangunan rumah untuk korban bencana ini dapat penilaian positif dari pemerintah pusat dan akan jadi percontohan baik di tingkat Jawa Barat maupun nasional,” ujar Rudy kepada wartawan, Senin (18/1).

Rudy menerangkan dalam program bantuan pembangunan rumah untuk korban bencana, Pemkab Garut sudah menyerahkan 28 unit rumah untuk masyarakat yang tercatat menjadi korban bencana tanah longsor di Kecamatan Talegong pada Maret 2020.

Baca juga : 67 Puskesmas, 6 RS & 7 Klinik Jadi Tempat Vaksinasi Covid-19 Warga Garut

loading...

Pemerintah, kata dia, menyiapkan anggaran sebesar Rp 1,2 miliar untuk program relokasi rumah warga yang terdampak bencana longsor itu. “Ini koordinasi oleh BPBD dan Perkim (Dinas Perumahan dan Pemukiman) dan yang baik itu adalah pelaksanaannya ini tidak oleh pemborong,” terangnya.

Ia mengungkapkan pejabat pemerintah pusat kaget, tingkat pemerintah daerah mampu menyediakan rumah yang bagus dan layak untuk ditempati masyarakat korban longsor.

“Ini juga diapresiasi oleh BNPB dan oleh pejabat-pejabat pusat di Jakarta, mereka kaget bahwa kita memberikan rumah yang layak, sangat layak sekali,” katanya.

Menurut dia, program tersebut berjalan sukses karena koordinasi yang baik dengan instansi terkait, terutama masyarakat yang ikut bekerja membangun rumah dan bersedia direlokasi dari daerah rawan longsor ke tempat lebih aman dan nyaman.

“Ini luar biasa dengan swakelola oleh masyarakat, 28 rumah kita persembahkan bagi mereka korban longsor di bulan Maret 2020, koordinasinya baik meskipun lambat tapi ujungnya kan berhasil juga,” paparnya. (yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.