Harapan Warga Tumpang Karang untuk Miliki Rumah Sendiri Pupus

49
0
Cecep herdi / radar tasikmalaya Acep Daryanto Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPRPKP Kota Banjar
Cecep herdi / radar tasikmalaya Acep Daryanto Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPRPKP Kota Banjar

BANJAR – Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPRPKP Kota Banjar Acep Daryanto menegaskan bantuan rutilahu tidak akan bisa diberikan kepada warga yang tidak memiliki lahan pribadi.

Kata dia, dalam Peraturan Gubernur Nomor 46 tahun 2015 tentang Pedoman Program Perbaikan Rutilahu Pasal 9 poin D menyatakan penerima harus memiliki dan menguasai lahan dengan kepemilikan yang sah.

Artinya, kata dia, warga penerima bantuan harus memiliki lahan yang dibuktikan dengan sertifikat. “Jadi betul sangat sulit untuk memberikan bantuan bedah rumah atau bantuan rutilahu bagi warga yang tumpang karang. Karena terbentur aturan itu. Meskipun ada izin dari lahan misalnya, namun kita tidak berani karena risikonya berbahaya,” kata Acep di kantor Dinas PUPRPKP Kota Banjar Kamis (15/8).

Ia menjelaskan soal tumpang karang memang sejak dulu banyak dan belum terselesaikan. Keberadaan warga yang tumpang karang hampir di setiap kecamatan.

Kembali lagi ke aturan, Dinas PUPR tidak bisa memberikan bantuan berupa rutilahu atau pengadaan lahan untuk mereka karena akan berbenturan dengan aturan.

Kata dia, tumpang karang merupakan permasalahan sosial yang leading sector-nya ada di Dinsos dan Kesra. Ia menerangkan warga tumpang karang juga tidak masuk dalam Basis Data Terpadu (BDT) yang diusulkan dalam penerimaan bantuan rutilahu. Sebab pendataan dari bawah (lingkungan RT), warga yang tumpang karang tidak masuk kriteria.

“Memang dari pendataan bawahnya sudah ketat, dari pemerintah desa juga yang tumpang karang tidak masuk dalam pendataan. Sejauh ini jumlah BDT untuk usulan rutilahu di Kota Banjar sebanyak 4.601 kepala keluarga. Rekomendasi untuk tumpang karang belum ada. Cuma yang jelas permasalahan itu (tumpang karang) ada,” ujarnya. (cep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.