Bantuan Terdampak Covid-19 Cair Bertahap, Warga Kota Tasik Diminta tak Khawatir

905
0
MELEPAS BANTUAN. Wali Kota Tasikmalaya H Budi Budiman memimpin pelepasan personel pendistribusian bantuan dari Provinsi Jawa Barat di Gudang Kantor Pos Tasikmalaya, Jumat (24/4). Firgiawan / Radar Tasikmalaya

TAWANG – Wali Kota Tasikmalaya H Budi Budiman menginstruksikan camat, lurah, RW dan RT mengedukasi masyarakat soal bantuan dari pusat, provinsi dan daerah. Supaya tidak terjadi persoalan, karena bantuan didistribusikan secara bertahap atau tidak sekaligus.

“Saya meminta semua bekerja, karena isu-isu yang tidak benar jadi bantuan malah sulit diterima. Kan beragam, ada PKH, sembako, transfer, Prakerja. Itu semua didistribusikan beberapa gelombang,” kata Budi usai melepas personel pendistribusian bantuan di Gudang Kantor Pos Tasikmalaya Jalan Mayor Utarya, Jumat (24/4) pagi.

Baca juga : Warga Tawang Kota Tasik yang Meninggal Positif Corona Terpapar Sepulang dari Zona Merah

Menurutnya, lurah dan RT/RW harus menyosialisasikan bahwa calon penerima bantuan yang sudah didata di setiap wilayah sedang diproses supaya segera menerima bantuan dari pemerintah. Pada waktunya nanti, semua akan menerima dari sumber pintu bantuan yang beragam.

“Beberapa bantuan juga kan ada yang sudah berjalan, seperti BPNT, PKH, sendiri-sendiri. Untuk dari Provinsi mulai berjalan secara bertahap hari ini (kemarin), dan dari kota nanti untuk menyisir mana yang belum, baik DTKS mau pun Non DTKS,” kata dia memaparkan.

Budi menjamin seluruh masyarakat yang didata dan sudah ter-input serta terverifikasi diklasifikasikan menjadi sembilan pintu untuk penerima bantuan. Secara jumlah, informasi terakhir yang dihimpun Pemkot, calon penerima di Kota Resik cukup tinggi. “Semoga semua terakomodir. Masyarakat harus paham, yang belum menerima sekarang itu karena sumber keuangannya berbeda,” kata Budi.

Loading...

Kepala Kantor Pos Tasikmalaya Akbar Nugraha Adipasa mengatakan hari pertama pihaknya mendistribusikan bantuan untuk 2.770 penerima dari paket yang sudah siap sekitar 2.850. “Setelah tim kami yang di regional mengecek data, ada beberapa calon penerima tidak dilengkapi NIK, RT dan RW. Daripada salah, kami kembalikan ke Dinsos Kota Tasikmalaya untuk dilengkapi terlebih dahulu, karena penerima bantuan harus tepat sasaran,” tuturnya.

Dia menargetkan pendistribusian tersebut bisa selesai selama 1 minggu. Tahap pertama ini, lanjut Akbar, pihaknya baru menerima 1.250 paket dari total bantuan tahap pertama sebanyak 18 ribu paket bantuan. “Setiap hari masuk seribu paket dan kita lakukan distribusi secara bertahap,” ujarnya.

Baca juga : 1 Pasien Positif Corona Warga Tawang Kota Tasik Meninggal Sabtu Sore

Dia menambahkan apabila seluruh paket bantuan diterima akan langsung didistribusikan kepada masyarakat secara masif. Pihaknya menggunakan kekuatan penuh, baik dari driver ojek online maupun petugas pos.

“Paket yang masuk per hari dari Gudang Bulog Mangkubumi ke sini (Gudang Pos, Red) langsung kami distribusikan. Personel sementara yang disiapkan baru 15 ojek online dan empat petugas pos,” sambungnya memaparkan. (igi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.