Bantuan untuk 3.872 UKM Kota Banjar Selesai Disalurkan

153
0
Tatang Nugraha Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinas KUKMP dan Industri Kota Banjar
Tatang Nugraha Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinas KUKMP dan Industri Kota Banjar

BANJAR – Penyaluran distribusi bantuan modal usaha (stimulan ekonomi) bagi pelaku usaha kecil menangah (UKM) di Kota Banjar telah rampung. Jumlah penerima bantuan sebanyak 3.872 pelaku UKM itu didistribusikan PT Pos Indonesia wilayah Banjar sejak Selasa (6/10).

Bantuan modal usaha itu berupa uang tunai sebesar Rp 1 juta per UKM. “Sekitar 40 UKM lagi belum menerima pendistribusian karena saat pelaksanaannya, yang bersangkutan (40 orang) itu tidak hadir lantaran sakit. Untuk menyelesaikan pendistribusian, besok (hari ini, Red) bantuan akan diantarkan oleh petugas Pos ke rumah penerima. Kan tidak bisa diwakilkan, harus seseuai identitas penerima bantuan yang menerima uangnya,” kata Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinas KUKMP dan Industri Kota Banjar Tatang Nugraha di ruang kerjanya, Selasa (13/10).

Ia menjelaskan pendistribusian bantuan bekerja sama dengan PT Pos supaya berjalan dengan lancar dan cepat. “Kita bekerja sama untuk menghindari praktik pungutan liar (pungli),” ungkapnya.

Baca juga : Penolakan UU Cipta Kerja Terus Digelorakan Massa Gabungan Kota Banjar

Selain bantuan Jaring Pengaman Ekonomi (JPE), pelaku UKM yang tidak mendapat bantuan dari program itu tercover program pusat yakni Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Pendistribusian tahap pertama masih berlangsung. Dari sekitar 17 ribu yang menerima bantuaan, sudah 10 ribu bantuannya tersalurkan. Sisanya masih dalam proses pencairan.

“Kalau JPE dianggarkan dari anggaran pemkot, kalau PEN dari pusat. Makanya nilainya berbeda. JPE Rp1 juta dan PEN Rp 2,4 juta Per UKM. Untuk penyaluran PEN teknisnya langsung masuk ke rekening bank penerima bantuan. Jadi pencairannya diverifikasi dulu oleh pihak bank. Jika sudah sesuai datanya, maka uang bantuan bisa diterima melalui teller bank,” kata Tatang.

Sementara PEN tahap kedua sudah dibuka pendaftarannya hingga akhir bulan ini. Menurut Tatang, hingga Selasa (13/10) pukul 14.00 sudah 6.092 orang yang mendaftar untuk mendapat bantuan program PEN. (cep)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.