Banyak Minum, Hadapi Musim Hujan

51
0

PANGANDARAN – Memasuki musim penghujan masyarakat di Kabupaten Pangandaran diimbau menjaga kesehatan, apalagi intensitas hujan semakin meningkat dalam kurun waktu beberapa pekan ini.

Dokter Umum Puskesmas Parigi dr Nata Sanjaya mengatakan saat musim hujan tiba, perubahan suhu akan mengalami penurunan secara ekstrim dan itu tidak baik bagi kondisi tubuh.

”Biasanya orang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah, akan mudah terserang penyakit seperti flu berat, batuk-batuk dan lain-lain,” jelasnya kepada Radar, Senin (16/12).

Untuk itu, ia menghimbau kepada masyarakat untuk selalu memakai jaket jika suhu sedang mengalami penurunan dan tidak lupa membawa payung. ”Kalau berpergian dengan sepeda motor, bisa memakai masker wajah,” ujarnya.

Ia meminta masyarakat untuk minum lebih banyak air putih selama musim penghujan tiba. ”Minum air putih dalam jumlah banyak bisa menjaga kekebalan tubuh dari berbagai penyakit selama musim penghujan,” terangnya.

Selain itu, masyarakat juga harus bisa men­jaga kebersihan lingkungan dan diri sendiri. ”Kita harus rajin cuci tangan se­sudah aktivitas atau sebelum makan dan ja­ngan lupa membersihkan lingkungan se­kitar tentunya dengan mengubur barang be­kas, agar tidak jadi sarang jentik nyamuk,” tu­turnya.

Mengonsumsi sayur dan buah juga dianjurkan selama musim hujan tiba. ”Kemudian rajin-rajin lah berolahraga, sempat­kanlah untuk berolah­raga dalam satu minggu,” jelasnya.

Kepala BPBD Ka­bu­­­paten Pa­ngan­­dar­an Nana Ru­he­na meng­him­­bau mas­­yaraka un­­tuk tidak ber­­teduh di­­bawah po­­hon se­la­ma mu­sim hujan.

”Apa­­lagi ji­ka huja­n­nya disertai angin ken­cang, tidak di­anjurkan un­tuk ber­te­duh di­ba­wah pohon, le­bih baik cari tempat yang lebih aman,” sing­­­kat­­­nya. (den)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.