Banyak Orang Tua Siswa Pilih PPDB Offline

106
0
SERAHKAN. Orang tua calon siswa menyerahkan formulir pendaftaran kepada petugas PPDB SDN Margaluyu Kabupaten Tasikmalaya Jumat (12/6). RADIKA ROBI RAMDANI / RADAR TASIKMALAYA

TASIK – Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) SDN Margaluyu Desa Sukaasih Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya dilakukan secara daring.

Namun banyak orang tua calon siswa tetap datang langsung ke sekolah atau jalur offline.

“PPDB sudah dibuka sejak tanggal 2 Juni lalu dan resmi ditutup sampai hari ini (12/6) sekitar pukul 12.00,” ujar Kepala SDN Margaluyu Teti Widaningsih SPd kepada Radar, Jumat (12/6).

Baca juga : Kota Tasik Perpanjang PSBB Tahap IV

Teti mengatakan, sekolah yang dibinanya sudah melaksanakan PPDB sejak awal bulan lalu.

Dari kegiatan PPDB itu, terdapat 30 orang tua yang telah mengambil formulir pendaftaran.

Loading...

Namun hingga menjelang penutupan pendaftaran, baru 25 orang yang mengembalikan formulir tersebut.

Sementara 3 siswa merupakan peralihan. Sehingga total sudah 28 siswa.

“Satu rombongan belajar (rombel) itu harus ada minimal 20 siswa, tapi kita sudah ada 28 siswa. Melebihi kuota minimal yang telah ditetapkan,” kata dia.

Sebelumnya, kata Teti, pihaknya telah menyosialisasikan tata cara PPDB melalui pesan Whatsapp (WA).

Pesan tersebut disebar oleh grup paguyuban kelas seperti bendahara, sekretaris dan ketua kepada warga yang ada di sekitar sekolah, TK, komite dan lainnya.

Walaupun sudah diberi arahan pendaftaran melalui WA, namun kebanyakan orang tua calon siswa lebih memilih untuk datang langsung ke sekolah.

Mungkin karena para orang tua juga ingin sekaligus mengetahui kondisi sekolah yang nantinya akan menjadi tempat belajar bagi anaknya.

“Padahal sudah saya siapkan WA, dan sudah disebarkan terkait tata cara pendaftarannya. Namun karena terkendala penggunaan gadget atau hal lainnya, sehingga mereka lebih memilih datang langsung ke sekolah,” katanya.

Sementara itu, Kabid SD Disdikbud Kabupaten Tasikmalaya Tantan Warsika mengatakan sebagian orang tua ada yang tidak memiliki peralatan penunjang lainnya seperti smartphone, laptop dan jaringan internet.

Baca juga : Para Santri dari Luar Daerah Mulai Masuk Ponpes di Tasikmalaya

Makanya, tidak sedikit orang tua yang langsung datang ke sekolah untuk mengisi formulir pendaftaran anaknya.

“Sebagian besar PPDB SD dilakukan secara manual, tapi ada beberapa yang melaksanakan secara online. Mudah-mudahan semua lancar,” kata dia. (obi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.