Banyak Ormas dan LSM Di Pangandaran Kolaps

77

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

PARIGI – Sebanyak 44 Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang sudah terdaftar di Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pangandaran.

”Pada tahun 2017 jumlah ormas dan LSM di Pangandaran yang sudah terdaftar mencapai 50 lebih, namun seiring berjalanya waktu,jumlahnya semakin berkurang. Sehingga kini hanya 44,,” ungkap Kepala Kesbangpol Kabupaten Pangandaran Solih AP Jumat (9/11).

Menurutnya, tidak adanya anggaran operasional dan pengelolaan sekretariat, menjadi salah satu penyebab ormas dan LSM tersebut kolaps dan tidak terdaftar di Kesbangpol. ”Ketika kita melakukan verifikasi kembali, mereka berasalan seperti itu (tak punya anggaran, Red),” jelasnya.

Saat ini, kata dia, masih banyak ormas dan LSM yang belum terdaftar di Kesbangpol Kabupaten Pangandaran. ”Memang tidak ada keharusan, tapi mereka tidak akan mendapat pendampingan, atau saat ada sosialisasi dari lembaga negara seperti KPU misalnya, mereka tidak bisa dilibatkan,” katanya.

Syarat pendaftaran ormas dan LSM,lanjut dia, tidaklah ribet. Cukup menyodorkan data pendiri, kemudian struktur kepengurusan, domisili dan legalitas yang dikeluarkan oleh notaris. ”Tentunya lembaga itu harus ada, jangan sampai fiktif,” ujarnya.

Selain itu, ormas dan LSM di Pangandaran banyak yang masih eksis sampai saati ini. ”Jadi tidak hanya ormas dari luar saja yang masih aktif, dari lokalan juga ada,” terangnya.(den)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.