Disparpora Fokus ke Cipanas Galunggung

Kekayaan Alam Melimpah, Cikatomas Kurang Perhatian Dari Pemerintah Daerah

679
0
Asep Gunadi

CIKATOMAS – Cikatomas menjadi kecamatan dengan potensi wisata alam melimpah. Ada beberapa wisata berpotensi menjadi destinasi di Kabupaten Tasikmalaya. Mulai dari gua, air terjun dan berbagai wisata lainnya.

Camat Cikatomas Asep Gunadi mengatakan di wilayahnya banyak potensi wisata alam belum tergali. Bahkan, Cikatomas bisa disebut menjadi surganya wisata alam ketika wisata-wisata ini dikelola dengan baik. “Potensi wisata alam di sini cukup banyak. Namun belum ada perhatian maksimal dari pemerintah daerah,” ujarnya kepada Radar, Minggu (17/3).

Kata Asep, wisata yang tersedia di Cikatomas di antaranya Curug Koja, Curug Ciwatin dan Curug Bakom di Desa Linggalaksana. Curug Mibah dan Curug Leutak di Desa Sindangasih. Curug Hawu berada di Desa Lengkongbarang dan Curug Cibuaya di Desa Cayur. Curug Palahlar di Desa Gunungsari. Kemudian, untuk wisata gua terdapat Gua Hulu Kuya di Desa Pakemitan dan Goa Lalay di Desa Lengkongbarang. “Ada juga wisata hutan lindung dan arum jeram di Sungai Ciwulan serta Taman Kota dengan wisata kulinernya,” ujarnya.

Lanjut dia, semua objek wisata itu belum dikelola profesional oleh pemerintah daerah. Padahal, jika dikembangkan bisa menjadi tambahan pendapatan asli daerah (PAD). Pasalnya, wisata ini sudah cukup dikenal oleh sebagian masyarakat.

Soal pengembangan wisata, Kecamatan Cikatomas sudah melakukan penyamaan persepsi dengan masyarakat dan pemerintah desa. “Sejauh ini masih dikelola secara swadaya masyarakat dan Karang Taruna, sesuai dengan kemampuannya,” terangnya.

Tahun ini, kata dia, pemerintah desa sudah mulai mengalokasikan dana desa (DD) untuk penataan objek wisata. Terlebih akses jalan menuju kawasan wisata, sehingga memudahkan pengunjung. “Termasuk ke depan akan menambah fasilitas-fasilitas penunjang lainnya, seperti area parkir dan perlengkapan keamanan bagi wisatawan,” paparnya.

Kata dia, pihaknya tidak ingin pengembangan wisata ini tertumpu di satu titik saja. Melainkan berkesinambungan, sehingga ketika wisatawan berkunjung ke Cikatomas sudah mendapatkan paket wisata yang memuaskan. “Jadi nantinya dalam paket wisata, semua curug dan gua dikunjungi, kemudian ke hutan lindung dan taman untuk menikmati wisata kuliner,” terangnya.

Asep sangat berharap Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tasikmalaya melihat potensi di Kecamatan Cikatomas yang melimpah. Karena, sebagus apa pun potensi wisata akan percuma apabila tidak mendapatkan pengelolaan dan penataan yang baik. “Dampaknya terhadap perekonomian warga setempat bisa meningkat, ketika dilakukan penataan di objek wisata,” katanya.

Terpisah, Kepala Desa Linggalaksana Ruhiyat menambahkan sudah mengalokasikan dana desa untuk pembangunan jalan sepanjang 900 meter menuju objek wisata. Sehingga, wisatawan bisa nyaman berjalan ke lokasi wisata. “Banyaknya wisatawan ke curug akan berdampak terhadap perekonomian masyarakat,” paparnya.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Tasikmalaya, Asep Saeful Bahri menjelaskan soal wisata di Cikatomas bukan tidak diperhatikan, melainkan bertahap. Karena, saat ini pihaknya fokus untuk penataan Objek Wisata Cipanas Galunggung.

“Pasti objek wisata lain akan kita garap, tapi secara bertahap. Sekarang yang bantuan provinsi sebesar Rp 5 miliar untuk Galunggung dulu,” pungkasnya. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.