Banyak Sanggar Seni Belum Terdata

179
0

SINGAPARNA – Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tasikmalaya, Dindin Saepudin mengatakan, masih banyak sanggar seni yang belum terdata. Padahal, jumlahnya mencapai ratusan lebih.

“Sampai saat ini, sanggar seni yang baru terdata di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sebanyak 71, tersebar di seluruh kecamatan,” ujarnya kepada Radar, Selasa (5/3).

Maka dari itu, kata dia, pihaknya sedang fokus untuk menginventarisasi sanggar-sanggar seni yang ada di kabupaten. Mulai dari, seni tari, pedepokan silat dan lainnya. Itu dilakukan dalam upaya mengoptimalkan dan melestarikannya. “Kami berharap para pelaku seni yang tergabung dalam sanggar, bisa segera mendaftarkannya ke dinas,” terangnya.

Jelas dia, dengan adanya data sanggar seni, akan mempermudah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk melakukan pembinaan. “Termasuk memudahkan apabila ada kegiatan seni. Jadi, banyak yang terlibat dan beragam seni dalam penampilannya,” paparnya.

Dengan demikian, tambah dia, kesenian di Kabupaten Tasikmalaya bisa semakin hidup dan lestari. “Sanggar seni juga dapat membantu mengembangkan potensi putra-putri daerah dalam dunia seni. Karena, mereka yang akan melanjutkan kesenian ini di masa depan,” pungkasnya. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.