Banyak Truk Pasir Melebihi Tonase

200
0
RAZIA. Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres Tasikmalaya menggelar razia kendaraan angkutan barang di Jalan Muktamar, Rabu (22/1). RADIKA ROBI RAMDANI / RADAR TASIKMALAYA

SINGAPARNA – Petugas gabungan dari Dinas Perhubungan Kabupaten Tasikmalaya dan Satlantas Polres Tasikmalaya menggelar razia angkutan barang di Jalan Muktamar, Kecamatan Singaparna, Rabu (22/1).

Kabid Lalin pada Dinas Perhubungan Kabupaten Tasikmalaya Sana Andriana mengatakan, operasi ini sasarannya ialah semua kendaraan. Termasuk angkutan umum, pribadi dan barang.

Baca juga : Truk Tangki Pertamina Meledak & Terbakar di SPBU Batulawang Kota Banjar, Polisi Selidiki Penyebabnya..

“Dilihat dari tata cara muat dan isi dari kendaraan yang kami berhentikan, hasilnya tak sedikit yang melanggar aturan. Pertama dari batas muat saja sudah melebihi tonase, ada air yang tumpah dari truk dan juga tidak menggunakan penutup,” ujarnya kepada Radar, kemarin.

Kata dia, semua angkutan barang yang melebihi tonase diperiksa, seperti truk pasir yang melebihi ambang batas pengangkutan atau lebih dari delapan ton. “Ini tata cara muat saja sudah melebihi ambang batas dan bisa mencapai lebih dari 10 ton. Padahal beban maksimal jalanan delapan ton,” katanya, menjelaskan.

Kata dia, kepada truk yang melanggar terkait tonase jelas langsung diberikan sanksi berupa tilang. Selain dilihat dari muatannya, kelengkapan surat-suratnya pun ikut diperiksa. Terbukti, tidak sedikit angkutan yang yang habis masa uji kir dan belum membayar pajak tahunan.

“Semua yang melanggar ditilang. Jangan ada yang main-main dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Tasik. Saya tekankan kepada anggota, jika ada yang main-main dengan aturan ini, saya jamin dia akan keluar dari Dishub,” ucapnya, menegaskan.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.