Bapenda Kabupaten Garut Optimis Realisasi Pajak Capai 89 Persen

8
APLIKASI. Kepala Bapenda Kabupaten Garut Usep Basuki Eko (dua kiri) bersama para kepala dinas usai sosialisasi E-SPTPD di Aula Bank BJB Garut Kecamatan Garut Kota Rabu (28/11). Kepala Bapenda optimisi target pajak daerah tahun 2018 bisa tercapai.

GARUT KOTA – Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Garut Usep Basuki Eko optimis target pajak daerah tahun 2018 sebesar Rp 142 miliar bisa tercapai.

“Sekarang juga sudah 89 persen atau Rp 119 miliar. Kami optimis target itu bisa tercapai, paling tidak mendekati,” terang dia di Aula Bank BJB Garut Rabu (28/11).

Meski capaian belum memenuhi target, kata dia, tapi realisasi pendapatan dari pajak ini sudah melebihi dari target tahun sebelumnya sebesar Rp 110 miliar. Dengan waktu satu bulan lagi, Eko mengaku target yang telah ditentukan bisa tercapai.

Hal itu didorong denga berbagai upaya yang dilakukan, salah satunya dengn meluncurkan aplikasi Elektronik Surat Pemberitahuan Pajak Daerah atau E-SPTPD.

“Dengan E-SPTPD para wajib pajak akan mudah membayar pajak dimana pun berada dan tidak perlu datang ke kantor Bapenda,” terangnya.

Eko menerangkan selama ini wajib pajak masih konvensional dalam melaporkan pajaknya setiap bulan. Dengan cara ini banyak wajib pajak merasa kesulitan karena harus datang ke kantor.

Dengan E-SPTPD, lanjut dia, wajib pajak tinggal mengisi formulir yang disediakan di aplikasi yang disediakan. “Tak ketemu lagi antara petugas dengan wajib pajak. Bisa meminimalisir kecurangan dan hal-hal yang tak diinginkan,” ucapnya.

Dengan aplikasi itu jika terjadi perbedaan pembayaran pajak antara wajib pajak dan Bapenda, diakui Eko akan terpantau oleh tim pengawas. Dengan sistem daring, tak ada alasan bagi wajib pajak untuk tak melapor setiap bulannya.

“Sistem online ini bisa diisi saat wajib pajak ada di mana pun. Yang awalnya malas laporan, dengan online sudah tak ada alasan,” terngnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.