Baperjakat Kota Banjar Harus Beri Penjelasan Soal Isu Nepotisme Rotasi Pejabat

115
0
Sidik Firmadi

BANJAR – Pemerhati pemerintahan Sidik Firmadi menyarankan BKPPD atau Baperjakat mengeluarkan statement atau memberikan penjelasan terkait isu dugaan nepotisme dalam rotasi dan promosi pejabat. Menurut dia, penjelasan penting agar tak timbul kecurigaan publik.

“Menurut hemat saya kejadian tersebut harus dijelaskan secara transparan kepada masyarakat oleh BKPPD Kota Banjar atau Baperjakat, agar tidak terus menjadi isu liar yang akan selalu menghantui setiap adanya rotasi atau promosi pejabat di Kota Banjar,” kata Sidik Jumat (28/8).

Sebenarnya, kata dia, untuk meredam isu tersebut cukup mudah. BKPPD atau Baperjakat cukup menjelaskan kepada masyarakat dengan cara membuka aturan tentang proses promosi jabatan di lingkungan pemerintah serta hasil dari analisis dan pertimbangan lain karena prestasi atau kinerjanya bagus.

“Tetapi jika pihak BKPPD atau Baperjakat hanya menjelaskan tanpa didasari oleh aturan (tanpa menunjukkan aturan), maka wajar pula jika masyarakat menduga adanya nepotisme dengan berbagai macam pembenarannya. Saya berharap ke depan Pemerintah Kota Banjar dalam melakukan rotasi atau promosi jabatan harus berpedoman pada tiga hal, pertama yaitu reformasi birokrasi yang mengusung nilai-nilai transparansi dan integritas agar terbebas dari KKN,” ujarnya.

Baca juga : Rapid Test Gratis di di Pendopo Kota Banjar Terus Berjalan

Selanjutnya yang kedua adalah merit system (orang yang memiliki kinerja baik/berprestasi merekalah yang harus diberi promosi) dan ketiga adalah right man on the right place (orang ditempatkan di tempat yang tepat sesuai dengan kompetensi pendidikan yang dimiliki).

“Dengan begitu maka saya yakin kinerja Pemerintah Kota Banjar akan berjalan dengan baik serta mampu mencapai target-target pembangunan demi kesejahteraan masyarakat. Kemudian tidak penting juga dasarnya pada Daftar Urut Kepangkatan (DUK),” ujarnya.

Baca juga : Bentuk Satgas Antisipasi Kebakaran

Diberitakan sebelumnya, aktivis mahasiswa dari Forum Keluarga Mahasiswa Kota Banjar Awal Muzakki menyoroti rotasi dan mutasi jabatan yang dilakukan Pemerintah Kota Banjar beberapa waktu lalu. Salah satu hal yang disorotinya adalah adanya pejabat yang mendahului pejabat lainnya yang pangkatnya lebih tinggi.

“Saya sempat mendengar adanya salah satu pejabat setingkat kepala seksi yang naik jabatan menjadi kepala bidang, prosesnya itu melangkahi beberapa pejabat lainnya yang pangkatnya lebih tinggi. Dugaan nepotismenya kuat lantaran pejabat tersebut masih berhubungan darah dengan pemangku kebijakan di Kota Banjar,” kata Awwal Kamis (27/8). (cep)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.