Barang Bukti Berbagai Kejahatan Dimusnahkan Kejari Garut

49
0
DIMUSNAHKAN. Kejari Garut melaksanakan pemusnahan barang bukti hasil kejahatan di halaman Kantor Kejari Garut Kamis (15/11). (Yana Taryana / radartasikmalaya.com)
Loading...

TAROGONG KIDUL – Kejaksaan Negeri (Kejari) Garut memusnahkan barang bukti dari berbagai kasus kejahatan pidana seperti senjata tajam, uang palsu, narkoba dan barang lainnya yang sudah mendapatkan putusan tetap pengadilan. Pemusnahan dilakukan di Kantor Kejaksaan Jalan Merdeka Kecamatan Tarogong Kidul Kamis (15/11).

“Ini adalah tugas kami untuk memusnahkan barang bukti perkara penganiayaan, pencurian, sampai perkara pembunuhan, ada juga uang palsu,” terang Kepala Kejaksaan Negeri Garut Azwar SH.

Ia menyebutkan barang bukti yang dimusnahkan yakni minuman keras berbagai merek, narkoba jenis sabu-sabu, ganja dan obat-obatan terlarang serta uang palsu.

Selain itu, kata dia, barang bukti berupa senjata tajam yang dipakai untuk kejahatan mencuri maupun menghilangkan nyawa orang juga dimusnahkan. Ada juga senjata api milik anggota Polres Garut terkait kasus penembakan di tempat hiburan malam.

“Untuk senjata api, berdasarkan putusan pengadilan tidak dimusnahkan tetapi dikembalikan ke Polres Garut,” terangnya.

Loading...

Dia menyampaikan pemusnahan barang bukti seperti narkoba maupun minuman keras dapat menjadi perhatian bersama bahwa kasus tersebut masih terjadi di Garut. Ia berharap masalah peredaran narkoba dapat terus ditekan untuk menyelamatkan generasi muda.

Ia menambahkan barang bukti yang dimusnahkan dari berbagai kasus tersebut merupakan hasil kerja sama semua pihak.

“Terlaksananya kegiatan pemusnahan barang bukti ini tidak terlepas dari bantuan dan hubungan dari pihak yang ada di Garut,” ujarnya.

SELAMATKAN UANG NEGARA

Selain memusnahkan barang bukti kejahatan, Kejari Garut juga menyelamatkan puluhan juta rupiah uang negara dari hasil penanganan kasus tindak pidana korupsi selama tahun 2018.

“Ada sekitar puluhan juta (rupiah). Pastinya ada di kantor, kasusnya korupsi di desa,” terangnya.

Kejari Garut saat ini sudah berhasil mengungkap beberapa kasus tindak pidana korupsi di Garut dengan uang negara yang berhasil diselamatkan tidak sampai ratusan juta rupiah.

Dalam penanganan kasus korupsi, pihaknya tidak menargetkan besaran uang negara yang harus diselamatkan, tetapi cenderung menindak tegas pelaku korupsinya.

”Tidak ada target, tapi memaksimalkan penanganannya. Setiap ada indikasi tipikor (tindak pidana korupsi) kita menanganinya dengan semangat agar perkara bisa diselesaikan,” terangnya.

Ia mengungkapkan menjelang akhir tahun, Kejaksaan Negeri Garut masih menangani beberapa kasus tindak pidana korupsi, salah satunya penanganan dugaan korupsi dana desa. Terkait besaran uang yang dikorupsinya, lanjut dia, sekitar tiga ratusan juta rupiah. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.