Barang Bukti Tilang di Ciamis Bisa Dimusnahkan

57
0
MENUNJUKKAN. Kasi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Ciamis Faisal Rachman SH menunjukkan barang bukti STNK dan SIM yang sudah satu tahun tidak diambil pemiliknya.

CIAMIS – Kepala Seksi Tindak Pidana Umum (Kasi Pidum ) Kejaksaan Negeri Ciamis Faisal Rachman SH menyampaikan bahwa tindak pidana umum saat ini tengah menangani ribuan perkara tindak pidana pelanggaran lalu lintas (tilang).

Sampai saat ini ada ribuan barang bukti (BB) menumpuk di Gudang Barang Bukti (BB) Kejaksaan Negeri Ciamis. Rinciannya dari kasus tilang SIM sebanyak 325 pelanggar, STNK sebanyak 553 pelanggar dan totalnya 880 barang bukti (BB).

“Saya tegaskan bila tidak diambil-ambil oleh pemiliknya di Kejaksaan Negeri Ciamis, maka kami bisa saja memusnahkannya atau memblokir kendaraan yang bersangkutan,” tegas Faisal kepada Radar Rabu siang (4/11).

Baca juga : Polisi Ciamis Tangkap Warga Kota Bandung yang Bawa 48.000 Butir Hexymer

Bila BB tersebut tidak diambil-ambil oleh pemiliknya, rencananya akan dihapuskan sesuai dengan aturan. Namun yang dihapuskan berupa dendanya saja, terhadap barang buktinya masih ada.

Meskipun barang bukti masih ada akan tetapi tetap ada konsekuensi bagi pelanggar yang belum mengambil BB tersebut yakni berupa pemblokiran terhadap barang bukti tersebut.

“Ketika itu dihapuskan berarti nanti kita berkirim surat bahwa ini sudah bisa dilakukan pemblokiran,” kata dia.

Pihaknya juga menyampaikan, kepada masyarakat untuk mengetahui nama-nama pelanggar tilang yang belum mengambil BB, dapat melihat di papan pengumuman Samsat dan papan pengumuman Pengadilan Negeri Ciamis. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.