Barcode di KK dan Akta Diterapkan

593
0
Loading...

CIHIDEUNG – Hari ini (25/3), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tasikmalaya akan menerapkan penggunaan barcode atau tanda tangan elektronik di semua dokumen kependudukan, mulai dari kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el), kartu keluarga (KK), akta kelahiran dan dokumen kependudukan (dokduk) lainnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tasikmalaya Dr H Imih Misbahul Munir MSi menjelaskan, secara kasat mata tanda tangan elektronik (TTE) ini terlihat berbentuk barcode.

TTE merupakan tanda tanga kepala dinas yang dibubuhkan pada kolom tanda tangan pada dokumen-dokumen kependudukan yang bisa terlihat jelas sebagai tanda tangan apabila menggunakan alat khusus.

“Fungsinya untuk memudahkan dan mempercepat proses legalisasi sebuah dokumen kependudukan. Untuk sementara dibatasi pada penandatanganan kartu keluarga dan akta kelahiran dan akta kematian,” tutur Imih.

Bagi masyarakat yang mengajukan permohonan pembuatan dokumen kependudukan kepada operator kecamatan akan langsung diproses dan segera memohon persetujuan legalisasi kepada kepala dinas.

Loading...

“Dengan penggunaan barcode ini kadis bisa memprosesnya di mana pun berada, asal ada jaringan. Dengan menekan tombol persetujuan, maka dokumen tersebut legal secara hukum,” kata dia.

Sistem tersebut akan dimulai di beberapa kecamatan yang peralatannya sudah siap. Meskipun ada penerapan sistem baru, kata Imih, proses pengajuan dokumen kependudukan tetap sama, tidak ada persyaratan-persyaratan lain.

“Sebagai tahap awal akan ditetapkan di lima kecamatan, per Senin ini. Sisanya minggu depan kita lihat dulu kesiapan petugas-petugasnya,” kata dia. (tin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.