Baru 30 Persen Logistik Didistribusikan

14
LOGISTIK.Petugas merapikan kotak suara untuk Pemilu. Saat ini baru tiga puluh persen logistik didistribusikan.

TAROGONG KIDUL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut baru mendistribusikan 30 persen logistik untuk pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Garut. Hal tersebut diungkapkan Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Garut Aneu Nursifah Minggu (14/4).

Menurut dia, logistik yang sekarang sudah terdistribusikan untuk wilayah terjauh, seperti wilayah Garut Selatan. “Kami mengirim ke wilayah terjauh dulu karena sudah prioritas,” terangnya.

Meski pendistribusian baru sebagian kecil, tetapi dirinya optimis pendistribusian akan selesai sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. “Kami yakin seluruh logsitik sudah bisa terdistribusikan sesuai agenda yang telah ditentukan,” tegasnya.

Untuk mempercepat pendistribusian, pihaknya sudah mengerahkan personel sampai tingkat Petugas Pemungut Suara (PPS). “Kami targetkan besok (hari ini) semua logistik sudah sampai ke tiap kecamatan,” katanya.

Aneu menerangkan keterlambatan pendiatribusian logistik salah satunya karena armada untuk mengangkut logistic kurang. “Armadanya kurang dan jarak tempuh tiap wilayahnya juga sangat jauh, sehingga telat pendistribusiannya,” terangnya.

Kekurangan 66.406 Lembar Surat Suara

Ketua KPU Garut Junaidin Basri menerangkan berdasarkan hasil catatannya, surat suara untuk pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg), Pemilihan Presiden (Pilpres) dan DPD RI masih mengalami kekurangan. Mencapai 66.406 lembar surat suara.

Kekurangan surat suara, kata dia, karena banyaknya surat suara rusak, termasuk kekurangan jumlah surat suara yang dikirimkan dari percetakan. “Itu dari hasil sortir yang dilakukan sebelumnya,” terangnya.

Dia menerangkan kerusakan surat suara ini cukup beragam, mulai surat suara yang sobek, terlipat, tinta yang tembus, warna kertas yang buram hingga jumlah yang dikirimkan tidak sesuai. “Seluruh kekurangan telah kami data semua dan telah diusulkan ke percetakan untuk segera diganti,” terangnya.

Untuk saat ini, kata dia, dari usulan itu pihaknya baru menerima sebagian saja, yakni baru mencukupi untuk Pileg. Sementara untuk Pilpresnya belum. “Untuk Pilpres masih kekurangan 49.119 lembar surat suara. Katanya saat ini surat suara itu sudah ada di Bandung, tinggal diambil,” katanya.

Ia optimis semua logistik Pemilu, termasuk surat suara Pilpres sudah dapat didistribusikan ke seluruh wilayah paling lambat sehari sebelum pencoblosan. “Kami jamin semuanya bisa terdistribusikan, H-1 semuanya sudah sampai ke TPS,” paparnya. (yna)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.