Baru Kali Ini Bupati Tasik Kunjungi Kampung Mandiri & Tangguh

98
0
ISTIMEWA. PIDATO. Bupati Ade Sugianto pidato di depan warga Kampung Sukaroya yang dinobatkan sebagai kampung mandiri.
ISTIMEWA. PIDATO. Bupati Ade Sugianto pidato di depan warga Kampung Sukaroya yang dinobatkan sebagai kampung mandiri.

JAMANIS – Warga Kampung Sukaroya Desa Karangresik Kecamatan Jamanis mengapresiasi kunjungan Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto ke wilayahnya. Hal itu menjadi kunjungan kerja pertama orang nomor satu di Kabupaten Tasikmalaya ke daerah yang dinobatkan sebagai kampung mandiri dan tangguh.

Kepala Dusun Sukaroya Ade Kurniawan didampingi kreator Kampung Tangguh Ustaz Dede Amsa mengatakan, ini pertama kalinya bupati Tasikmalaya berkunjung ke kampung ini dan memberikan langsung apresiasi atas kreativitas dan kemandirian warga.

“Alhamdulillah warga sangat antusias dengan kehadiran Pak bupati di Kampung Sukaroya yang sebelumnya tidak diduga dan disangka akan dihadiri beliau,” ujarnya kepada Radar, Sabtu (25/7).

Baca juga : KH Asep Maoshul Affandy Jadi Calon Bupati Tasikmalaya

Kata dia, dirinya memaparkan tentang profil dan potensi yang dimiliki oleh Kampung Sukaroya. Memang secara fisik wilayah tidak ada keistimewaan, tapi dari sisi kultur masyarakat sudah benar-benar terbentuk mandiri dalam berbagai bidang. Mulai dari penyediaan kebutuhan pangan, pengelolaan sampah termasuk gotong royong membangun fasilitas dan membantu ketika ada warga yang sakit.

“Gotong royong masyarakat dalam berbagai aspek masih kuat dan kompak. Kemudian dari sisi ekonomi, masyarakat di sini kompak dalam hal pembangunan fasilitas atau sarana umum yang ada di kampung ini. Termasuk dari sisi keamanan atau kondusivitas sudah tidak diragukan lagi, sehingga banyak yang bilang ketika ada di sini merasa betah,” katanya.

Baca juga : SMC Tasikmalaya Masih Rawan 6 Pasien Corona

Jelas dia, masyarakat di sini tangguh dalam hal ketahanan pangan dalam menutupi kebutuhan sehari-hari seperti bumbu dapur dengan memanfaatkan pekarangan rumah dan lahan tak produktif menggunakan polybag. “Untuk polybag-nya ada yang membeli sendiri dan disediakan oleh kelompok,” ujarnya.

Kemudian, warga di sini juga fokus dalam bidang perikanan dengan komoditas unggulannya adalah gurame, ada juga jenis ikan lain seperti nila dan mas.

“Bahkan untuk pemasarannya banyak yang langsung membeli ke lokasi karena sudah cukup terkenal, khususnya di wilayah Tasik Utara,” katanya, menjelaskan.

Lanjut dia, dengan kehadiran bupati ini diharapkan bisa hadir program yang memberikan pembinaan kepada para warga dari sisi pertanian, perikanan dan pengelolaan sampah. Sehingga bisa semakin berkembang dan terarah apa yang dilakukan saat ini oleh warga. “Misalnya dalam sisi perikanan bisa lebih melebar lagi pemasaran dan lainnya,” ujarnya, mengharapkan. (yfi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.