Garsela Jadi DOB, Seluruh Potensi Bakal Terangkat

Baru Tiga Wisata Dikelola Pemkab Garut

297
0
Loading...

GARUT KOTA – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut Budi Gan Gan mengatakan potensi wisata di wilayah selatan Garut banyak. Tetapi, yang baru bisa dikelola dan dikembangkan pemerintah kabupatenn yakni Pantai Santolo, Sayang Heulang dan Rancabuaya.

“Baru tiga objek wisata pantai yang kita kelola karena keterbatasan anggaran untuk pengelolaannya,” terangnya. Kalau anggarannya ada, kata dia, memang masih banyak potensi objek wisata selain pantai yang bisa dikembangkan.

Wisata-wisata yang bisa dikembangkan di wilayah selatan itu seperti air terjun, sungai, gunung dan wisata alam lainnya. “Sekarang wisata alam ini baru dikelola oleh desa maupun karang taruna,” terangnya.

Terpisah, Ketua Tanfibziah PC NU Kabupaten Garut Atjeng Abdul Mujib mengatakan rencana Garut Selatan menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) akan menjadi langkah yang baik dalam meningkatkan seluruh aspek di wilayah tersebut. “Kalau dimekarkan itu bagus. Seluruh potensi yang ada bisa terangkat,” ujar dia kepada Rakyat Garut Kamis (28/3).

Potensi yang akan terangkat yakni objek wisata dan pertanian. Di wilayah selatan banyak potensi pariwisata yang bisa dikembangkan. “Saat ini pengembangan pariwisata di selatan oleh pemerintah sangat kurang, jadi kurang berkembang,” katanya.

Loading...

Selain pariwisata, kata dia, banyak potensi pertanian yang saat ini penyokong penghasilan pertanian Kabupaten Garut. Dengan adanya perhatian khusus pemerintah, potensi tersebut bisa menjadi penghasil PAD. “Pertanian ini bisa jadi potensi untuk Garut Selatan jika dimekarkan, karena selama ini penyokong hasil pertanian juga dari selatan,” terangnya.

Meski ada potensi untuk dikembangkan, kata dia, sebelum pemekaran wilayah, harus ada pembenahan di kabupaten induknya. Namun, dia memandang dari segi luas wilayah, Kabupaten Garut sudah cocok untuk dimekarkan. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.