Baterai PJU Banyak Dicuri

218
0
Dishub Untuk Radar Tasikmalaya PERIKSA PJU. Petugas Dishub Ciamis memeriksa PJU yang mati di beberapa lokasi.

CIAMIS – Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis, Eddy Yulianto mengatakan lampu penerangan jalan umum (PJU) di jalur Bojong-Karangkamulyan sebagian besar adalah PJU tenaga surya. Saat ini banyak yang mati akibat baterainya dicuri.

“Kasusnya karena aki (baterai, Red) banyak yang nyuri. Sehingga PJU banyak yang mati. Terutama di jalan Bojong-Karangkamulyan,” ujarnya saat dihubungi melalui telepon Jumat (4/5).

Eddy menjelaskan PJU di sepanjang jalan Bojong-Karangkamulyan berada di jalan nasional. Kepemilikan asetnya ada di pemerintah pusat. Dishub Ciamis hanya sebatas bisa mengusulkan untuk perbaikan. Begitu juga dengan PJU yang berada di pusat kota.

sebagian besar merupakan aset pemerintah pusat karena berasa di jalan nasional.
Soal banyaknya baterai PJU yang dicuri, dia mengaku telah meminta pihak keamanan dan masyarakat untuk turut mengawasi.

“Terkait banyaknya aki PJU yang hilang, kami meminta kerja sama dengan pihak keamanan dan seluruh masyarakat. Jika malam hari menemukan pencuri aki PJU agar ditangkap langsung. Terlebih orang yang naik tangga dan mencopot aki PJU itu tanpa memakai seragam Dishub,” tandasnya.

Eddy mengaku sering berkoordinasi dengan aparat dan warga di sekitar lokasi PJU untuk membantu pengawasan terhadap orang-orang yang mencurigakan. Saat ini, kata dia, PJU di daerah Karangkamulyan yang dipasang Dishub Ciamis sudah diperbaiki.

Hanya PJU di jalur Banjar-Ciamis dan PJU tenaga surya milik pemerintah pusat yang masih padam.

“Kita sudah laporkan ke pusat terkait beberapa PJU yang padam terutama yang berada di jalan nasional. Tinggal menunggu realisasi dari pusat,” jelasnya. (obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.