Batik dan Bordir Paling Laku di TOF

29

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

CIHIDEUNG – Di­nas Ko­perasi, Usaha Mikro, Kecil dan Mene­ngah, Perindustrian dan Perdagangan (KUMKM-Perindag) Kota Tasikmalaya mencatat produk batik dan bordir paling banyak terjual pada Tasikmalaya October Festival (TOF).

Pada TOF yang dilaksanakan pada Sabtu hingga Selasa (13-16/10) itu, ada delapan produk unggulan yang ditampilkan. Yakni batik, bordir, bambu, mendong, payung geulis, alas kaki, oleh-oleh dan kuliner.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas KUMKM-Perindag Kota Tasikmalaya Uron menyatakan dari delapan produk unggulan itu batik dan bordir paling banyak terjual. Seperti batik buatan Ramayana, bordir buatan Daiwani dan Raihan.

Pada hari pertama saja, omzet batik produk Ramayana mencapai Rp 10.500.000, bordir produk Daiwani mencapai Rp 9.012.000 dan bordir buatan Raihan sebesar Rp 9.760.000. Sedangkan omzet hari berikutnya belum direkap. “Masih kami rekap datanya untuk penjualan selanjutnya,” jelas Uron.

Menurut dia, bila dilihat secara kasat mata pada momen pembukaan dan penutupan, pengunjung TOF tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya. “Setiap harinya pengunjung lebih dari 1.000 orang yang datang yang sekadar belanja dan berfoto,” ujar dia.

Owner Rumah Batik Jigi, Irwan Sofyan menyatakan peminat batik Tasikmalaya cukup banyak. Makanya, dia selalu ikut serta dalam TOF setiap tahunnya. “Saya sudah tiga kali ikut. Memang penjualannya selalu meningkat. Dibandingkan pertama kali ada TOF dulu,” ujar dia.

Dia berharap TOF tidak hanya dilaksanakan pada momen hari jadi Kota Tasikmalaya saja. Minimal dalam satu tahun itu ada dua kali. Karena event ini cukup mendongkrak perekonomian masyarakat. “Memang ini cukup membantu kami dalam menjual produk-produk,” tandasnya.

Sementara, pemilik stan payung geulis Cecep mengaku omzet penjualan produknya di TOF biasa-biasa saja. Dalam sehari hanya mendapatkan pemasukan sekitar Rp 1 juta. Yang datang ke stannya pun paling banyak hanya menanyakan harga dan berfoto. “Kebanyakan selfie di sini,” ujar dia. (ujg)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.