Bawaslu Ingatkan Para Peserta Pemilu

20
KOORDINASI. Komisioner KPU Kabupaten Pangandaran saat menemui pimpinan DPRD Kabupaten Pangandaran Senin (14/1). Mereka membahas soal pelaksanaan pemilu.

PANGANDARAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangandaran mengingatkan kepada calon legislatif untuk tidak membranding mobil pribadi dengan foto mereka.

Ketua KPU Kabupaten Pangandaran Muhtadin mengatakan branding pada kendaraan pribadi tidak melanggar aturan, namun yang harus dimuat adalah tanda dan gambar partai politik peserta pemilu saja. ”Jadi hanya partai peserta pemilu saja yang boleh dipasang,” ungkapnya kepada Radar, Senin (14/1).

Selain foto atau gambar calon, branding tersebut tidak boleh memuat nomor urut si peserta pemilu. ”Kemudian dipasangnya jangan di plat kuning apalagi kalau di plat merah, cukup di mobil pribadi saja,” terangnya.

Menurut dia, jika pelanggaran yang dimaksud tersebut ditemukan maka yang memiliki kewenangan bertindak adalah Satpol PP dan Bawaslu. ”Kami hanya menyampaikan dan menyosialisasikanya kepada tiap parpol,” terangnya.

Bawaslu juga akan melakukan penelusuran terlebih dahulu dan jika memenuhi unsur materil maupun formil sebelum bertindak. ”Jelas akan dilakukan secara prosedural,” tegasnya.

Selain itu, KPU akan melakukan koordinasi dengan para peserta pemilu, untuk merevisi lokasi yang boleh dipasang Alat Peraga Kampanye (APK). ”Termasuk membahas APK yang dianggap menghalangi jalan, itu masukan dari Dishub,” terangnya.

Ia berharap seluruh timses dan calon anggota DPRD mentaati aturan yang sudah disepakati. ”Kalaupun ingin memberikan masukan kepada kami silahkan, KPU sangat terbuka,” tandasnya. (den)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.