Bawaslu Kabupaten Garut Tertibkan Ribuan APK Caleg

9

TAROGONG KIDUL – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Garut menertibkan ribuan alat peraga kompenya (APK) milik para calon anggota legislatif (caleg) yang terpasang di beberapa tempat larangan di wilayah perkotaan Garut Selasa (4/12).

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Garut Iim Imron mengatakan penertiban APK difokuskan terhadap wilayah yang sudah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terlarang.

“Kami fokuskan di situ dulu, karena di daerah terlarang ini memang banyak yang memasang APK,” terangnya usai penertiban di Kawasan Simpang Lima, Tarogong Kidul.

Selain wilayah terlarang, pihaknya juga menertibkan APK yang terpasang di fasilitas umum, seperti tiang listrik dan pepohonan.

“Yang kami tertibkan sekarang lumayan banyak, ada ribuan,” terangnya.

Iim menerangkan aturan pemasangan APK ada perubahan. Awalnya, di pinggir jalan seputaran bundaran diperbolehkan memasang APK. Tapi sekarang tidak diperbolehkan.

“Intinya APK boleh dipasang di tempat umum. Kecuali di beberapa titik. Kalau di lembaga pendidikan jelas dilarang. Terus di tempat ibadah, termasuk halamannya itu tidak boleh pasang APK,” ujarnya.

Selain sekolah dan tempat ibadah, kata dia, sejumlah tempat yang dilarang pemasangan APK caleg yakni rumah sakit, gedung pemerintah, trotoar, taman kota, taman kecamatan, pemakaman umum, tugu dan tempat pembuangan sampah.

“APK juga tak dibenarkan dipasang di pepohonan serta tiang listrik dan telepon. Caleg diperbolehkan memasang APK di alun-alun kecamatan dan desa,” terangnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.