Bawaslu Kabupaten Pangandaran Awasi Masa Kampanye

79
0
RAKOR. Bawaslu Kabupaten Pangandaran bahas penguatan pengawasan kampanye di Hotel Pantai Indah Kamis (21/3). (Deni Nurdiansah / radartasikmalaya.com)
Loading...

PANGANDARAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pangandaran akan mengawasi mekanisme dalam setiap proses kampanye yang dimulai pada 24 Maret 2019.

”Kalau teknis dan regulasinya kewenangan KPU, sementara pengawasan dan memetakan kerawanan kampanye oleh Bawaslu,” ujar Ketua Bawaslu Pangandaran Iwan Yudiawan saat rakor di Hotel Pantai Indah Pangandaran, Kamis (21/3).

Dia mengkhawatirkan ada ucapan atau ujaran kebencian yang tercantum dalam iklan kampanye. ”Ya itu salah satunya, ujaran kebencian, hoaks dan sebagainya, itu perlu ada pengawasan,” katanya.

Saat pemilu sebelumnya, lanjut dia, belum ditemukan pelanggaran iklan kampanye. ”Alhamdulillah, kami belum pernah menemukan pelanggaran itu, namun tetap itu menjadi fokus kami dalam melakukan pengawasan,” tuturnya.

Ia berharap peserta pemilu 2019, dapat mengikuti aturan main yang sudah ditetapkan. ”Sesuai dengan apa yang diatur dalam UU Pemilu dan PKPU itu sendiri,” tegasnya.

Untuk itu, Iwan mengimbau seluruh Panwascam mampu menyusun strategi pengawasan kampanye dan rapat umum.

”Mereka harus bisa menangani dugaan tindak pelanggaran kampanye serta melakukan pencegahan,” paparnya.

loading...

Komisioner Bawaslu Pangandaran Gaga Abdillah mengatakan penguatan pengawasan di tingkat panwascam terus ditingkatkan menjelang pencoblosan 17 April nanti.

”Kami harapkan juga keterlibatan pengawasan partisifatif dari semua kalangan,” tuturnya. (den)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.