Bawaslu: Media Sosial Harus Dipelototi

75
0
RAPAT. Panitia Pengawas Kecamatan se-Kabupaten Tasikmalaya mengikuti rapat koordinasi soal media kampanye di Hotel Grand Metro, Rabu (20/3). DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA
Loading...

TASIK – Badan Pengawas Pemilu Provinsi Jawa Barat, meminta Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya dan daerah lain untuk memelototi media kampanye yang digunakan peserta pemilu. Hal itu terungkap saat Rapat Koordinasi Pengawasan Media Kampanye di Hotel Grand Metro Tasikmalaya, Rabu (20/3).

Dalam acara yang dihadiri seluruh perwakilan Panwascam se-Kabupaten Tasikmalaya. Ketua Bawaslu Provinsi Jabar, Abdullah STP menjelaskan rapat ini semakin menguatkan peran pengawasan jelang pelaksanaan Pemilu 2019 sampai ke tingkat Panwascam.

“Khususnya dalam mengawasi peserta pemilu melakukan sosialisasi di media kampanye. Baik media sosial, alat peraga kampanye, media massa elektronik dan cetak,” ujarnya kepada wartawan kemarin.

Lanjut dia, sejauh ini kampanye yang dilakukan di media sosial bernuansa sara atau ujaran kebencian. Kemudian hoax maupun kampanye hitam pun banyak ditemui.

Sejauh ini, kata dia, Bawaslu sering mendapatkan laporan dan temuan soal kampanye di media sosial. Apalagi, kampanye tersebut cepat menyebar. “Laporan pelanggaran kampanye di media sosial, kami kaji. Jika ada pelanggaran pemilu diproses, kalau ada unsur pidana hukum, pihak kepolisian yang memprosesnya,” paparnya.

Loading...

Terang dia, Bawaslu ingin peserta pemilu menggunakan media sosial untuk kampanye positif. Jangan sampai saling merugikan satu sama lain. “Kami bangun sebagai narasi harapan dan perubahan. Bukan narasi kebencian yang menciptakan kegaduhan antar anak bangsa,” tegasnya.

Tempat yang sama, Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, Dodi Juanda menambahkan pada intinya pengawasan harus ditingkatkan, terutama media kampanye di media sosial. “Rapat ini bisa memberikan pemahaman bagi Panwascam, khususnya pengawasan media kampanye yang digunakan peserta pemilu, seperti media sosial,” pungkasnya. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.