Bawaslu Pangandaran Buka Rekruitmen 800 PTPS

82
0
Iwan Yudiawan Ketua Bawaslu Kabupaten Pangandaran
Iwan Yudiawan Ketua Bawaslu Kabupaten Pangandaran

PANGANDARAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pangandaran membuka rekrutmen Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) untuk gelaran Pilkada Pangandaran 2020.

Ketua Bawaslu Kabu­paten Pangandaran Iwan Yudiawan me­ngatakan peng­umuman untuk rek­rut­men Pengawas Tem­pat Pemungutan Suara (PTPS)dibuka mulai 30 September 2020 sampai 2 Oktober 2020.

Penerimaan dan penelitian berkas administrasi serta wawancara akan dilangsungkan selama 13 hari, yaitu 3-15 Oktober 2020. Kemudian hasil seleksi akan diumumkan pada 28 Oktober 2020. “Dibutuhkan satu PTPS untuk satu TPS,” kata dia kepada Radar Kamis (1/10).

Hasil dari seleksi tersebut akan diumumkan pada tanggal 11 November mendatang. Sementara untuk pelantikan dilaksanakan pada tanggal 16 November,” ujarnya.

Baca juga : PMII STIT NU Pangandaran Soroti Netralitas ASN di Pilkada

Bawaslu membutuhkan PTPS sebanyak 800 orang, karena jumlah TPS di Pilkada Pangandaran saat ini bertambah. “Karena Pandemi ini, jumlah TPS-pun membengkak,” jelasnya.

Loading...

Adapun persyaratan untuk calon Pengawas TPS diantaranya Warga Negara Indonesia (WNI), berusia paling rendah 25 tahun, memiliki wawasan yang berkaitan dengan penyelenggaraan dan pengawasan Pemilu, pendidikan paling rendah SMA sederajat.

“Pendaftar diutamakan berasal dari kelurahan atau desa setempat, bebas narkoba, mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik, jabatan pemerintahan, BUMN dan atau BUMD paling lama lima tahun,” kata dia.

Kemudian, syarat lainnya, tidak pernah dipidana penjara paling lama lima tahun dibuktikan dengan pernyataan, bersedia bekerja penuh waktu, tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu.

“Serta bersedia melakukan pemeriksaan rapid test atau real time PCR atau menggunakan surat keterangan bebas gejala dari rumah sakit atau otoritas kesehatan,” jelasnya.

Iwan mempersilahkan ke­pada masyarakat Kabu­paten Pangandaran yang me­menuhi syarat sesuai de­ngan peraturan dapat ikut men­daftar sebagai pengawas TPS.

“Adapun rekrutmen akan di­laksanakan di Bawaslu tingkat kecamatan di 10 kecamatan di Kabupaten Pangandaran dengan me­matuhi protokol kesehatan,” ujarnya. (den)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.