Bawaslu Pangandaran Evaluasi Pengawasan Pilkada

55
0
EVALUASI. Bawaslu Kabupaten Pangandaran menggelar rakor evalusasi pengawasan Pilkada 2020. Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya
EVALUASI. Bawaslu Kabupaten Pangandaran menggelar rakor evalusasi pengawasan Pilkada 2020. Deni Nurdiansah / Radar Tasikmalaya
Loading...

PANGANDARAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pangandaran menggelar rapat koordinasi bersama Panwascam terkait evaluasi pengawasan dan penanganan pelanggaran selama Pilkada 2020.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Pangandaran Gaga Abdillah mengatakan, evaluasi tersebut bertujuan untuk mendapatkan data, fakta dan informasi yang valid sebagai penyusunan laporan akhir pengawasan.

“Nantinya laporan akhir ini akan disampaikan kepada Bawaslu Provinsi melalui Bawaslu Kabupaten Pangandaran,” katanya kepada Radar saat ditemui di Batukaras, Senin (28/12).

Menurutnya, Panwascam harus bisa mempertanggungjawabkan hasil pengawasan secara faktual dan tertulis dalam laporan hasil pengawasan. “Laporan akhir ini cukup tebal, kita akan sederhanakan lagi dalam bentuk buku, sebagai reflekasi hasil akhir pengawasan di Pilkada 2020,” jelasnya.

Menurut Gaga, selain pengawasan yang dikumpulkan dari Panwascam, pihaknya juga akan mengumpulkan jejak pengawasan dalam bentuk digital. “Jejak digital itu merupakan salah satu pendidikan kita terhadap masyarakat juga, terkait keterbukaan informasi, “ucapnya.

Loading...

Baca juga : KPU Pangandaran Umumkan Dana Kampanye Pilkada 2020

Kata dia, jejak digital itu termasuk artikel yang dimuat portal berita online, terkait fungsi pengawasan dari Bawaslu Pangandaran. “Termasuk di surat kabar cetak,” ujarnya.

Ia berharap evaluasi tersebut bisa menghasilkan sebuah laporan dan menjadi rapor yang baik bagi Bawaslu Kabupaten Pangandaran, dalam menjalankan fungsi pengawasannya.

“Kami sudah optimal dalam menjalankan tugas, tapi tetap ada hal-hal yang harus dievaluasi untuk perbaikan ke depannya,” kata dia.

Gaga mengucapkan terima kasih kepada semua Panwascam yang telah melaksanakan tugas pengawasan. “Termasuk jajaran di bawah TKD dan PTPS,” jelasnya.

Kata dia, angka peningkatan partisipasi pemilih pada Pilkada 2020 juga terdapat andil jajaran pengawas di dalamnya. “Peran mereka juga sangat besar,” pungkasnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.