Bawaslu Pangandaran Rekomendasikan PSU di 3 TPS

64
0
REKOMENDASI. Ketua Bawaslu Kabupaten Pangandaran Iwan Yudiawan saat diminta keterangan. Dia menyebut sudah memberi rekomendasi untuk pemungutan suara ulang.
REKOMENDASI. Ketua Bawaslu Kabupaten Pangandaran Iwan Yudiawan saat diminta keterangan. Dia menyebut sudah memberi rekomendasi untuk pemungutan suara ulang.
Loading...

PANGANDARAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pangandaran merekomendasikan untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU) di tiga tempat pemungutan suara (TPS).

Ketua Bawaslu Kabupaten Pangandaran Iwan Yudiawan mengatakan rekomendasi yang dilayangkan ke KPU tersebut karena ada indikasi kesalahan teknis pada proses pungut hitung pada 9 Desember. Indikasi tersebut di antaranya ada kotak suara yang tidak tersegel atau terkunci.

“Walaupun sudah melayangkan rekomendasi, tetapi kewenangan mutlak PSU tersebut ada di KPU Kabupaten Pangandaran,” katanya kepada wartawan Minggu (13/12).

Baca juga : Pilbup Pangandaran, Kandidat Saling Klaim Menang, Warga Bingung

Rekomendasi PSU itu ditujukan di tiga TPS. Namun Iwan belum bisa membeberkan dimana saja tiga titik tersebut. “Demi kondusivitas Kabupaten Pangandaran,” jelasnya.

Loading...

Terpisah, Ketua KPU Kabupaten Pangandaran Muhtadin mengatakan sudah menerima rekomendasi PSU dari Bawaslu Kabupaten Pangandaran. “Tapi itu tidak memenuhi unsur,” katanya.

Setelah klarifikasi kepada KPPS pun, kata dia, semuanya tidak memenuhi unsur. “Tidak ada pembukaan kotak suara di TPS tersebut,” jelasnya.

Dia mengaku sudah melakukan klarifikasi ke lapangan. Lalu dilakukan kajian berdasarkan ketentuan Peraturan KPU (PKPU) pasal 112 dan pasal 59. “Jadi tidak akan dilaksanakan PSU,” ujarnya. (den)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.