Bawaslu Pangandaran Waspadai Eksodus Pemilih & Manipulasi KK serta NIK

83
0
ISTIMEWA. PENGAWASAN. Bawaslu Kabupaten Pangandaran melakukan pengawasan proses pencocokan dan penelitian beberapa waktu lalu. Bawaslu saat ini mewaspadai eksodus pemilih.
ISTIMEWA. PENGAWASAN. Bawaslu Kabupaten Pangandaran melakukan pengawasan proses pencocokan dan penelitian beberapa waktu lalu. Bawaslu saat ini mewaspadai eksodus pemilih.

PANGANDARAN – Salah satu kerawanan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah terjadinya eksodus pemilih. Komisioner Bawaslu Kabupaten Pangandaran Gaga Abdillah mengatakan eksodus dari luar daerah bisa saja terjadi, terutama di beberapa kecamatan yang berbatasan langsung dengan kota dan kabupaten lain, seperti Padaherang, Kalipucang dan Mangunjaya.

“Kita mengantisipasi hal itu (eksodus), dengan turun langsung ke perbatasan. Kita lihat proses coklit (pencocokan dan penelitian) disana agar tidak terjadi manipulasi KK dan NIK,” ujarnya Selasa (4/8).

Sebetulnya, kata dia, bila dilihat dari NIK yang memiliki angka unik, manipulasi kecil kemungkinan terjadi. “Karena disana ada angka yang menun­jukan kode kota dan kabu­paten, termasuk identitas yang melekat pada pemilik NIK tersebut. Jadi sudah terkunci,” katanya.

Baca juga : Masa Pandemi, Kegiatan Kober Al Musri Pangandaran Tetap Berjalan

Jadi tidak mudah bagi warga dari kota dan kabupaten lain bisa ikut memilih..
Pihaknya akan terus memantau terkait hal itu, terutama dalam proses pen-coklit-an saat ini.

“Kita tekankan kepada PPDP untuk teliti dalam proses pen-coklit-an saat ini,” ujarnya.
Selain eksodus penduduk, Bawaslu juga menekankan terkait pengawasan praktik money politic dan netralitas ASN. “Banyak kerawanan kerawanan yang bisa saja terjadi di Pilkada 2020,” ucapnya.

Loading...

Ketua Bawaslu Iwan Yudiawan mengajak semua kalangan menjadi pengawas partisipatif dalam Pilkada 2020. “Karena banyak kerawanan yang kemungkinan terjadi untuk saat ini,” katanya. (den)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.