Bawaslu Pantau Petugas Sortir dan Pelipatan

79
0
PROSES PELIPATAN. Panitia Pemilihan Kecamatan melipat surat suara di Gudang KPU Kabupaten Tasikmalaya Selasa (19/2).DIKI SETIAWAN / RADAR TASIKMALAYA
Loading...

SINGAPARNA – Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan calon Ketua PPS dari Daerah Pemilihan (Dapil) I Kabupaten Tasikmalaya mulai menyortir dan melipat surat suara DPRD Kabupaten Tasikmalaya di gudang kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Selasa (19/2). Dapil I ini meliputi Kecamatan Singaparna, Sukarame, Mangunreja, Tanjungjaya, Cigalontang dan Sariwangi

”Saya membatasi minimal 30 orang dan maksimal 50 orang per kecamatan untuk PPK atau PPS yang menjadi petugas sortir lipat surat suara,” terang Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Keuangan, Umum dan Logistik Fahrudin SAg di Kantor KPU Kabupaten Tasik Selasa (19/2).

Fahrudin menjelaskan jumlah surat suara per jenis pemilihan, seperti calon anggota DPRD di Kabupaten Tasikmalaya ada sebanyak 1.394.295 lembar. “Jenis surat suara yang baru kita terima dari perusahaan percetakan itu baru tiga jenis surat suara. Pertama, DPRD Kabupaten Tasikmalaya, DPRD provinsi dan DPR RI,” kata dia.

Koordinator Divisi Pencegahan, Humas dan Publikasi Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Ahmad Azis Firdaus menjelaskan dalam proses sortir dan lipat surat pihaknya bertugas memastikan dari sisi keamanan, siapa petugas sortir dan pelipatan serta bagaimana SOP terkait surat suara yang dikeluarkan dari gedung tempat penyimpanan sampai diterima oleh petugas sortir sampai pelipatan. “Kita ingin memastikan itu,” paparnya.

Dia menegaskan setiap pelipat surat suara dan ketika mengerjakan sortir harus betul-betul steril. “Surat suara jangan sampai ada yang kotor dan noda. Jangan sampai ada yang sobek,” tambahnya.

Terakhir, tambah dia, Bawaslu memastikan dari sisi keamanan agar petugas sortir tidak membawa surat suara dari tempat batas ruangan atau pintu tempat sortir dilakukan. “Jika ada surat suara yang diambil ke rumah oleh petugas sortir itu ada sanksi. Nanti bisa temuan Bawaslu,” ungkap Azis. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.