Bawaslu Selidiki Mobil Dinas Pengangkut Alat Peraga Kampanye

31

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

CIAMIS – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ciamis menerima laporan dari masyarakat tentang dugaan mobil dinas (mobdin) yang dipakai untuk mengangkut alat peraga kampanye (APK).

“Kami akan menelusuri mobil pembawa APK caleg tersebut,” terang Ketua Bawaslu Kabupaten Ciamis Uce Kurniawan kepada Radar, Minggu (4/11).

Menurut Uce, mobdin itu tidak boleh dipakai untuk mengangkut APK calon legislatif (caleg). Apalagi dipakai kampanye. “Hal ini harus menjadi catatan kepada ASN bahwa kendaraan atau kantor atau fasilitas negara itu termasuk kepada 10 larangan kampanye,” ucap Uce.

Aparatur sipil negara (ASN) itu harus menjaga netralitas menjelang Pemilu 2019. Hal ini berdasar pada pasal 2 huruf f, pasal 5 ayat (2) huruf a dan pasal 9 ayat (2) UU No 5 Tahun 2014 tentang ASN. “Masih bayak aturan mengenai ASN. Makanya kami ingatkan harus netral,” kata Uce.

Uce yakin semua caleg sudah mengetahui aturan-aturan dan larangan-larangan kampanye. Karena, Bawaslu sudah menyosialisasikannya jauh-jauh hari ke setiap partai politik (parpol). Maka dari itu, diharapkan para calon wakil rakyat bisa mematuhi aturan-aturan. “Kami apresiasi kepada masyarakat yang selalu melek dan mengetahui aturan. Kami selalu terbuka bila ada laporan-laporan dari masyarakat mengenai berbagai bentuk pelanggaran kampanye,” ungkapnya.

Bawaslu akan menindaklanjuti laporan-laporan masyarakat bila bukti-buktinya sesuai dengan fakta autentik. Baik itu berupa keterangan saksi, foto atau video. “Bila semuanya sudah akurat pelanggarannya, siapa pun itu yang melanggar, Bawaslu akan menindak tegas tanpa tebang pilih,” terang Uce.(isr)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.