Bawaslu Semakin Berintegritas dan Solid

78

SINGAPARNA – Ada yang beda dengan pakaian para pimpinan, staf dan pegawai Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya. Mereka memakai pakaian adat Sunda pangsi beserta ikat kepala dan kebaya, Selasa (13/8).

Ternyata pakaian adat Sunda yang dipakai oleh pegawai Bawaslu tersebut mengikuti anjuran dan instruksi Bupati Tasikmalaya yang menyarankan semua instansi pemerintahan termasuk Bawaslu memakai pakaian adat sunda dalam program Selasa Nyunda.

Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Dodi Juanda mengatakan setiap Selasa para pegawai Bawaslu dianjurkan memakai pakaian adat Sunda, dalam Selasa Nyunda.

“Menindaklanjuti instruksi bupati Tasik yang disampaikan pada upacara peringatan hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya ke-387, 26 Juli lalu,” ungkap Dodi, kepada Radar, kemarin.

Setiap Selasa, kata Dodi, para pegawai Bawaslu harus seragam memakai pakaian adat Sunda, pangsi buat pegawai laki-laki dan kebaya untuk pegawai perempuan. Selain itu, dalam berkomunikasi juga memakai bahasa Sunda. “Seterusnya kita akan berlakukan,” papar dia.

Menurut Dodi, Bawaslu juga tengah mempersiapkan jelang peringatan satu tahun Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya yang jatuh 15 Agustus mendatang, berlanjut memeriahkan hut RI ke-74 Sabtu (17/8).

“Nanti pas peringatan satu tahun Bawaslu kita biasa potong tumpeng. Nanti pas 17 Agustus kita adakan juga perlombaan dan permainan yang diikuti oleh pegawai Bawaslu. Sebanyak 32 pegawai Bawaslu ikut serta,” terang dia.

Dodi berharap diusia satu tahun Bawaslu berdiri, peran dan tugas nya terus mengalami peningkatan baik dari sisi pengawasan pemilu termasuk kapasitas SDM pegawainya.

“Bawaslu terus mengawal demokrasi dan bisa menjaga integritas sebagai penyelenggara pemilu di Kabupaten Tasikmalaya. Apalagi nanti menghadapi pilkada serentak 2020, bisa bersama-sama masyarakat awasi pemilu,” tambah dia.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Divisi Penindakan Pelanggaran R Surya Setia menambahkan rangkaian perlombaan dalam hut RI ke-74 yang akan dilaksanakan di Bawaslu dimulai Kamis (15/8) bersamaan dengan peringatan satu tahun Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya.

“Acara-acara yang digelar Bawaslu, dalam memperingati hut RI ke-74 ini dalam rangka memeriahkan dan menghibur dengan berbagai permainan dan hadiah menarik yang akan diikuti staf dan pegawai Bawaslu,” ujar Surya.

Contoh perlombaan nya, seperti balap karung, masukan paku ke dalam botol, pingpong, permainan kartu, balap karung, lomba bakiak, memecahkan balon air dan lomba makan kerupuk serta permaiman menarik dan menghibur lainnya.

Staf Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Azi Saepuloh mengungkapkan di hari jadi Bawaslu yang ke-1 tahun berharap peran Bawaslu semakin berintegritas dan menjadi pengawas yang adil bersama masyarakat mengawasi penyelenggaran pemilu.

“Dengan kegiatan perlombaan dan permainan yang akan digelar Bawaslu untuk memeriahkan hut RI ke-74, juga menjaga soliditas dan kekompakan antara sesama pegawai Bawaslu,” ungkap Azi. (dik)

FOTO. 2 KOMPAK. Pimpinan staf dan pegawai Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya kompak di foto bersama di depan Kantor Bawaslu, kemarin.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.