Bawaslu Soroti Tiga Billboard Caleg

67

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

HZ MUSTOFA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tasikmalaya menyoroti tiga buah alat peraga kampanye (APK) berupa billboard calon anggota legislatif (caleg) DPR RI dan DPRD Provinsi Jawa Barat dari tiga partai politik (parpol) yang terpasang di Jalan HZ Mustofa, Jumat (12/10).

Ketua Bawaslu Kota Tasikmalaya Ijang Jamaludin mengaku kaget ada billboard kampanye legislatif yang terpasang di wilayah Padayungan, depan Plaza Asia dan RS Tasik Medika Citratama (TMC). Ketiga APK ini diduga dipasang pada Jumat (12/10) pagi. Pasalnya, pada hari sebelumnya tidak terlihat.

“Sepertinya dipasang pagi, atau mungkin subuhnya,” terangnya.
Menurut Ijang, pemasangan APK tersebut melanggar. Karena berlokasi di jalan protokol. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Satpol PP untuk mencopot APK itu. “Mudah-mudahan secepatnya bisa dilakukan penurunan,” katanya.

Ijang sudah mengonfirmasi salah satu parpol caleg bersangkutan. Namun, parpol ini mengakut tidak menerima informasi dari pemasang APK itu. Yang jelas parpol ini berdalih bahwa pemasangan billboard tersebut sudah seizin pemkot. “Makanya kami juga akan mencari tahu dulu, kenapa bisa diizinkan,” jelas Ijang.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tasik­malaya Hadi Riyady mengaku pemasangan reklame atau billboard tersebut memang ada izin. Akan tetapi, pihaknya tidak mengetahui terkait konten iklan yang dipasang. “Dinas tidak pernah dapat pemberitahuan dari pemilik billboard tersebut disewa atau dipakai siapa,” ujar dia. (rga)

loading...