Bawaslu Tasik Imbau Paslon Tak Deklarasikan Diri Kemenangan Saat Proses Penghitungan Suara

708
0
Dodi Juanda SIP Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya
KABUPATEN TASIK – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tasikmalaya mengimbau kepada seluruh pasangan calon untuk tak mendeklarasikan kemenangan saat proses penghitungan suara di Pilkada Tasikmalaya.
Imbauan ini demi menjaga kondusifitas masyarakat dan ketenangan seluruh tim sukses pasangan calon saat Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih memproses hasil real qount tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).
“Kami mengimbau kepada seluruh pasangan calon untuk tidak melakukan deklarasi kemenangan saat proses penghitungan suara dilaksanakan oleh KPU,” ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Tasik, Dodi Juanda kepada wartawan, Rabu (09/12) malam.
Dodi menilai pelaksanaan deklarasi kemenangan saat proses penghitungan disinyalir akan menyebabkan kerumunan orang.
Apalagi, Pilkada di masa pandemi corona ini seluruh pasangan calon sudah sepakat menerapkan protokol kesehatan.
“Bukan apa-apa, takutnya menimbulkan kerumunan massa di masa pandemi. Kalau berkerumun tentunya akan menjadi pelanggaran,” terangnya.
Meski demikian, lanjut Dodi, sampai malam ini pihaknya belum menemukan pasangan calon yang mendeklarasikan kemenangan.
Adapun ada nantinya ditemukan, Bawaslu tak menetapkan pelaksanaan deklarasi kemenangan sebagai pelanggaran tahapan Pilkada.
“Belum, belum ada yang deklarasi. Kalau pun ada tak masuk pelanggaran Pilkada, tapi khawatir akan menimbulkan kerumunan massa. Kami hanya mengimbau saja,” jelasnya. (rezza rizaldi)
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.