Bayar Pajak Kendaraan Bisa di Desa Karyamukti

167

BANJAR – Dispenda dan Unit Registrasi dan Identifikasi (Reg Ident) Satlantas Polres Banjar menyiapkan pelayanan Samsat Masuk Desa (Samades). Samades ini diujicoba sebulan terakhir di Desa Karyamukti Kecamatan Pataruman.

“Desa Karyamukti merupakan desa pertama dari 25 desa dan kelurahan di Kota Banjar yang sudah bekerja sama mengadakan pelayanan Samades program dari Dispenda provinsi dan Samsat setempat. Desa kami memang lokasinya lumayan jauh, jarak tempuh sampai ke kantor Samsat Kota Banjar sekitar 17 kilometer,” kata Kepala Desa Karyamukti Ajat Sudrajat di kantornya Rabu siang (11/7).

Menurut dia, Samades berhasil mengifisienkan waktu, biaya dan tenaga bagi pemilik surat kendaraan bermotor dalam pengurusan administrasi seperti pembayaran pajak STNK.

“Kerja sama pelayanan ini juga merupakan langkah pemerintah desa untuk memberikan pelayanan yang memudahkan pemilik kendaraan dalam menbayar pajak,” kata dia.

Dengan sistem online, kata dia, tak hanya masyarakat Desa Karyamukti saja yang bisa merasakan manfaatnya. Warga kabupaten tetangga bahkan warga domisili Bandung juga bisa membayar pajak di Kantor Desa Karyamukti.

Namun, diakuinya, yang menjadi kendala saat ini adalah kesadaran masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotornya.

“Bagi desa juga ada pendapatannya yang masuk ke PADes dari Samades ini, sekitar Rp 1 juta per bulan. Untuk kontrak kerjasamanya sementara berlaku selama satu tahun,” kata Ajat.

Kepala Unit Reg Ident Satlantas Polres Banjar Iptu Asep Kusmana SH mengatakan Samades merupakan program jemput bola pembayaran pajak kendaraan bermotor yang merupakan kerja sama antara Dispenda dengan kepolisian.

“Kita terus koordinasi dengan Dispenda, jika ini bagus akan kita adakan juga pelayanan di desa lainnya yang memiliki akses cukup jauh untuk menjangkau kantor Samsat induk,” kata Asep.

Dari 25 desa dan kelurahan di Kota Banjar, kata dia, setidaknya ada 10 desa/kelurahan yang perlu diberikan pelayanan Samades. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.