Baznas Garut Maksimalkan Zakat Profesi dari PNS

21
0
H Rd Aas Kosasih Ketua Baznas Garut
H Rd Aas Kosasih Ketua Baznas Garut
Loading...

GARUT KOTA – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Garut terus berupaya memaksimalkan pemasukan dari zakat profesi pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Garut.

“Potensi dari zakat profesi PNS di pendidikan ini sangat besar, jadi kita maksimalkan dengan sosialiasi,” ujar Ketua Baznas Garut H Rd Aas Kosasih kepada wartawan, Sabtu (14/2/2021).

Aas menerangkan sosialisasi zakat profesi dilakukan untuk mendorong kesadaran para PNS pendidikan di Garut untuk membayar zakatnya melalui Baznas.

Dia menyebut kesadaran para PNS dalam membayar zakat profesi melalui Baznas masih minim, meski Bupati Garut H Rudy Gunawan sudah mengeluarkan surat instruksi dalam pembayaran zakat.

“Memang tidak bisa dipaksakan, bayar zakat ini kesadaran dari diri sendiri. Jadi kita hanya bisa mengajak saja,” ujarnya.

loading...

Baca juga : MUI Garut Siap Gali Potensi Ekonomi Umat

H Aas menerangkan saat ini pembayaran zakat profesi PNS di lingkungan Dinas Pendidikan baru Rp 286 juta perbulannya. Sementara potensi zakat profesi PNS di Disdik mencapai Rp 2 miliar. “Potensi sangat besar jika seluruh PNS menitipkan zakat profesinya ke Baznas Garut,” ujarnya.

Menurut Aas, jika potensi zakat profesi PNS masuk melalui Baznas, maka program-program Baznas, seperti Garut Cerdas, Garut Sehat, Garut Peduli, Garut Makmur dan Garut Taqwa bisa berjalan dengan baik.

“Program-program ini untuk membantu masyarakat Garut yang kesulitan, baik dari sisi ekonomi dan yang lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut H Totong mengatakan terkait pembayaran zakat tidak bisa dipaksakan. Meski begitu, pihaknya sudah mengajak dan mendorong PNS untuk membayar zakat profesinya melalui Baznas Garut.

“Sesuai instruksi pak bupati, para PNS harus berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan, seperti membayar zakat, infak dan sodakoh,” ujarnya.

Dengan membayar zakat melalui Baznas, bisa menyukseskan program Garut Cerdas yang saat ini dijalankan Baznas Garut dalam membantu pendidikan di Garut.

“Kalau seluruh PNS membayar zakat profesinya melalui Baznas, maka program Garut Cerdas ini, pemanfaatnya bisa untuk guru juga,” ujarnya. (yna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.