Beranda Rakyat Garut Baznas Garut Menjadi Contoh Pengelolaan Zakat

Baznas Garut Menjadi Contoh Pengelolaan Zakat

107
BERBAGI
KENANG-KENANGAN. Ketua Baznas Garut H Rd Aas Kosasih menerima cenderamata dari Pansus Komisi IV DPRD KBB. (Yana Taryana / radartasikmalaya.com)

GARUT KOTA – Sebanyak 16 anggota panitia khusus (pansus) Komisi IV DPRD Kabupaten Bandung Barat mendatangi kantor Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Garut di Komplek Islamic Center, Garut Kota.

Mereka melakukan studi banding terkait Perda Pengelolaan Zakat.

“Perda zakat ini di Bandung Barat kan belum ada, sekarang mau bikin. Jadi kami belajar dulu di sini. Karena Perda Pengelolaan Zakat di Garut ini sudah ada dan berjalan,” ungkap Ketua Pansus Komisi IV DPRD KBB H Ade Wawan Jumat (6/4).

Menurut dia, pengelolaan zakat di Garut sangat baik. Juga profesional. Baik dalam pelaporan, maupun pendistribusian.

“Kami acungi jempol. Bagus sekali dan profesional pula,” ujarnya.

Ade mengaku akan segera mengimplementasikan hasil studi banding itu di Kabupaten Bandung Barat. Potensi zakat dari ASN di sana lebih 10 ribu orang. Belum termasuk perusahaan dan wisata.

“Saat di KBB, ASN yang bayar zakat ini hanya sekitar 40%, karena belum ada perda. Kami optimis setelah ada perda pengumpulan zakat di KBB bisa meningkat,” terang dia.

Ketua Baznas Garut H Rd Aas Kosasih mengucapkan terima kasih kepada anggota pasus Komisi IV KBB yang telah bersilaturahmi. Sebaliknya, dia menyayangkan sikap Komisi D DPRD Garut yang sampai saat ini belum pernah datang ke Baznas.

“Dari daerah lain datang. Anggota dewan dari daerah sendiri tidak pernah ada yang datang. Barangkali kapan dari Komisi D bisa ngobrol-ngobrol atau sharing dengan kami. Saya tunggu di Baznas Garut,” katanya.

Aas menerangkan kinerja Baznas Garut saat ini lebih profesional. Pertanggungjawaban penyaluran dan penerimaan zakat dilakukan dan diaudit oleh tim audit profesional.

“Semuanya bisa dipertanggungjawabkan. Tolong lah, zakat dititipkan kepada kami dan kami juga akan bertanggungjawab dengan pengeluaran hal tersebut,” pintanya. (yna)

Facebook Comments

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.